PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT DENGAN MEDIA PERMAINAN CHOOSE NUMBER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP MADANI MAKASSAR
Keywords:
Strategi Pembelajaran Instant Assessment, Media Permainan Choose Number, dan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang bertujuann untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Madani Makassar melalui penerapan Strategi Pembelajaran Instant Assessment Dengan Media Permainan Choose Number. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMP Madani Makassar, pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tes dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dengan media permainan Choose Number, dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Madani Makassar yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 46,67 % menjadi 93,34 %, dan peningkatan nilai skor rata-rata siklus I adalah 65,84 meningkat menjadi 80,34.
References
Ani. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Instant Assessment. Jakarta: Bumi Aksara
Anonimus. 2008. Panitia Penyelenggara Ujian Ulang. http://kemdikbud.go.id.
Blogspot.com. Diakses 15 Desember 2015.(Pkl: 09:00).
Arikunto, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Bomstein dan Kazdin 1985.Teori Assessment. Surakarta. Yudhistira Colin, M. 2006.Kompetensi Mengajar. Bandung: Alvabeta. Djamarah. 2007. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gagne. 1997.Pengertian pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Imron A. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
James. A. M. L. dan Rena. B. L. 1994. Teori Assessment. Surakarta. Yudhistira Lidz. 2003. Teori Assessment. Surakarta. Yudhistira.
Kardian. 2011. Strategi Pembelajaran Instant Assessment. Bandung. Alfabeta Kardi&Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Bumi Aksara. Magner. 1962. Tujuan pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.
Nurani. 2012. Media Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Alfabeta
Nurhadi.2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Universitas Negeri Malang, Surabaya
Overton dan Terry. 2008. Teori Assessment. Surakarta. Yudhistira
Purwanto, M. N. 2007. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Riduwan, M.B.A. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung. Alfabeta
Robert.M. S. 2002. Teori Assessment. Surakarta. Yudhistira.
Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar