PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT DENGAN MEDIA PERMAINAN CHOOSE NUMBER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP MADANI MAKASSAR

Authors

  • Sri Rahayu Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Pamulang
  • Ade Holisoh Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi Pembelajaran Instant Assessment, Media Permainan Choose Number, dan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang bertujuann untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Madani Makassar melalui penerapan Strategi Pembelajaran Instant Assessment Dengan Media Permainan Choose Number. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMP Madani Makassar, pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tes dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dengan media permainan Choose Number, dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Madani Makassar yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 46,67 % menjadi 93,34 %, dan peningkatan nilai skor rata-rata siklus I adalah 65,84 meningkat menjadi 80,34.

References

Ani. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Instant Assessment. Jakarta: Bumi Aksara

Anonimus. 2008. Panitia Penyelenggara Ujian Ulang. http://kemdikbud.go.id.

Blogspot.com. Diakses 15 Desember 2015.(Pkl: 09:00).

Arikunto, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Bomstein dan Kazdin 1985.Teori Assessment. Surakarta. Yudhistira Colin, M. 2006.Kompetensi Mengajar. Bandung: Alvabeta. Djamarah. 2007. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne. 1997.Pengertian pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Imron A. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

James. A. M. L. dan Rena. B. L. 1994. Teori Assessment. Surakarta. Yudhistira Lidz. 2003. Teori Assessment. Surakarta. Yudhistira.

Kardian. 2011. Strategi Pembelajaran Instant Assessment. Bandung. Alfabeta Kardi&Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Bumi Aksara. Magner. 1962. Tujuan pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.

Nurani. 2012. Media Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Alfabeta

Nurhadi.2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Universitas Negeri Malang, Surabaya

Overton dan Terry. 2008. Teori Assessment. Surakarta. Yudhistira

Purwanto, M. N. 2007. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Riduwan, M.B.A. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung. Alfabeta

Robert.M. S. 2002. Teori Assessment. Surakarta. Yudhistira.

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Rahayu, S., & Holisoh, A. (2023). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT DENGAN MEDIA PERMAINAN CHOOSE NUMBER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP MADANI MAKASSAR. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1464–1469. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/34135