PENERAPAN ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN BELAJAR MATEMATIKA MENJADI MENYENANGKAN

Authors

  • Choirul Basir Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pamulang
  • Usep Rahmat Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pamulang
  • Dewi Purnama Sari Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pamulang

Keywords:

Etnomatematika, Belajar Matematika, Matematika Menyenangkan

Abstract

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang membuat pelajar menjadi tidak suka dikarenakan pendekatan pembelajaran yang mungkin monoton. Matematika merupakan ratunya ilmu pengetahuan (Ruseffendi, 2006). Sehingga dalam pengantar pembelajarannya diperlukan suatu kreativitas dalam penyampaian sebagai terobosan dalam mencapai target yg diharapkan. Fungsi mata pelajaran matematika sebagai: alat, pola pikir, dan ilmu atau pengetahuan (Erman Suherman, 2003:56). Melakukan kreatifitas dalam penyampaian matematika disertai dengan penjelasan kegunaan dan profesi yang membutuhkan perhitungan matematika tersebut diharapkan akan menambah semangat pelajar dalam memahami matematika sehingga diharapkan akan lebih mendalami lagi. Banyak metode pendekatan yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika yang menarik dengan melibatkan konsep sosial budaya pada matematika. Dari pembelajaran matematika yang menarik nanti akan melahirkan banyak orang yang dapat memahami bahwa matematika memang merupakan ratunya ilmu pengetahuan karena ada di segala sisi kehidupan penerapannya. Konsep etnomatematika akan menjadi salah satu konsep yang ditawarkan ke pelajar dengan melihat bahwa disekitar mereka merupakan penerapan dari matematika itu sendiri. Disertai games yang menarik dengan tetap melibatkan konsep etnomatematika di dalamnya diharapkan akan meningkatkan minat pelajar untuk lebih paham lagi tentang matematika dan bukan sekedar menghafal. Hasil akhir dari kegiatan ini diharapkan akan dihasilkan luaran kegiatan pada jurnal nasional terakreditasi sinta sehingga konsep etnomatematika sendiri akan banyak dikenal khalayak umum untuk mengembangkan dalam berbagai bidang.

References

Depdiknas .(2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional.

Lisnawaty, S (1992). Metode Mengajar Matematika 1, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Lisnawaty, S (1992). Metode Mengajar Matematika 2, Jakarta : PT. Rineka Cipta

Ruseffendi, ET (1988). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini Untuk Guru dan SPG, Bandung :Tarsito.

Ruseffendi, ET, dkk (1992). Pendidikan Matematika 3, Jakarta : Depdikbud.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito

Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumarmo, U. (1987). Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa SMA dikaitkan dengan Kemampuan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar. Disertasi. UPI: Tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Basir, C., Rahmat, U., & Sari, D. P. (2023). PENERAPAN ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN BELAJAR MATEMATIKA MENJADI MENYENANGKAN. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1474–1481. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/34137