PELATIHAN MANAJEMEN STRATEGI PADA MENGELOLA DESA WISATA KAMPUNG SAPI PERAH CIBUGARY

Authors

  • Zulfitra Zulfitra Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Pamulang
  • Susanto Susanto Magister Hukum, Program Pascasarjana, Universitas Pamulang
  • Mohamad Duddy Dinantara Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Pelatihan Manajemen, Desa Wisata, Pariwisata, Pengembangan, Keberlanjutan

Abstract

Pelatihan Manajemen Strategi untuk pengelola Desa Wisata Kampung Sapi Perah Cibugary bertujuan membantu pengelola usaha ini mengatasi tantangan pasca pandemi COVID-19. Desa Wisata Cibugary adalah sebuah destinasi unik yang menggabungkan peternakan sapi perah dengan wisata edukasi di Jakarta Timur. Namun, pengelola menghadapi masalah pemahaman yang terbatas tentang manajemen strategi dan kurangnya penerapan perencanaan yang efektif. Kegiatan pelatihan ini menggunakan metode ceramah, tutorial, diskusi, dan pendampingan untuk mengajarkan pengelola tentang pentingnya manajemen strategi. Fokusnya adalah analisis SWOT, perencanaan keuangan, dan pengendalian modal kerja. Pelatihan ini juga menekankan pentingnya pemisahan keuangan pribadi dan usaha serta pencatatan keuangan yang rutin. Melalui pelatihan ini, diharapkan pengelola dapat mengidentifikasi kekuatan dan peluang serta mengatasi kelemahan dan ancaman dalam usahanya. Mereka juga diharapkan dapat mengelola keuangan dengan lebih efisien, mengoptimalkan alokasi modal, dan merencanakan strategi bisnis yang tepat. Semua ini bertujuan untuk membantu Desa Wisata Cibugary berkembang dan berkontribusi pada ekonomi Indonesia. Evaluasi dan pemantauan kemajuan akan dilakukan untuk memastikan implementasi yang sukses.

References

Andreas. (2011). Manajemen Keuangan UKM. In Andreas, Manajemen Keuangan UKM. Yogyakarta: Graha Ilmu. Indonesia, K. K. (2018-2019).

Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (Umkm) Dan Usaha Besar (UB) Tahun 2018 - 2019. Retrieved from Kemenkopukm.

Taufik, & Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21±32. Wuryando, Bagoes, (2012), Jurus Maut MLM Anti Gagal (Tips & Trik Memilih Bisnis Jaringan yang Pas untuk Anda), MedPress Digital, Hlm. 15-16.

Wilfried S. Manoppo, F. A. (2018). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Teknik Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha UMKM Di Kecamatan Malalayang Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6-9.

Yohana, C. (2014). Pelatihan Mengelola Keuangan Sederhana Bagi Pengusaha Kecil di Desa Cibadak. Jurnal Sarwahita, 11(2), 67–70.

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Zulfitra, Z., Susanto, S., & Dinantara, M. D. (2023). PELATIHAN MANAJEMEN STRATEGI PADA MENGELOLA DESA WISATA KAMPUNG SAPI PERAH CIBUGARY. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1508–1518. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/34316