PEMBUATAN ASET VIDEO KONTEN DIGITAL UNTUK KEGIATAN PROMOSI UMKM PADA MASYARAKAT UMKM DI DESA BABAKAN SEBRANG KEC. CISEENG, KAB. BOGOR - JAWA BARAT

Authors

  • Muhammad Ridwan Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Agus Sudiyatmoko Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Mudzakir Mudzakir Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Pembuatan Aset Video Digital, Kegiatan Promosi, Peternak Ikan

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini dalam rangka memberikaninformasi mengenai Pemanfaatan Peluang Usaha Sebagai Upaya Dalam Pengembangan Hasil Produksi Pada peternak ikan Desa Babakan Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor - Jawa Barat. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu masyarakat peternak ikan yang berada di Desa Babakan Kecamatan Ciseeng dalam memahami cara pembuatan konten digital guna memasarkan produknya secara online kepada masyarakat luas. Metode yang digunakan adalah metode survey, penyuluhan dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai Pemanfaatan Peluang Usaha. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam pemanfaatan peluang usaha khususnya bagi peternak ikan dan umumnya masyarakat yang berada di Desa Babakan Ciseeng Kabupaten Bogor.

References

Abbas, D. (2018). Pengaruh Modal Usaha, Orientasi Pasar, Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5 (1), 95– 111. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4991

Alma, B.(2017).Kewirausahaan (Revisi). Bandung: Alfabeta.

Amir, E., & Hasan, M. (2019). Perbandingan kompetensi wirausaha mahasiswa melalui pembelajaran kewirausahaan berbasis budaya lokal dengan yang tidak berbasis budaya lokal. 22(1), 110–125.

Basia, L.-. (2016). Strategi Pengembangan Wirausaha Pemuda dalam mewujudkan wirausahawan mandiri dan implikasinya terhadap ketahanan ekonomi keluarga (Studi pada Koperasi Sumekar di Kampung Sanggrahan Pathuk kecamatan Ngampilan KotaYogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogya. Jurnal Ketahanan Nasional, 22(1),42. https://doi.org/10.22146/jkn.10226

El Hasanah, L. L. N. (2018). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268. https://doi.org/10.22146/studi pemuda UGM. 36812

Fahmi, I. (2013). Kewirausahaan: Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta.

Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1). https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.8-16

Hartini, S. (2012). Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.9744/jmk.14.1.83-90

Hasmira, M. H., & Fitriani, E. (2019). Peluang Usaha Bagi Masyarakat Nagari Sungai Pinang untuk Pengembangan Ekowisata. ABDI : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 64–69. Retrieved from http://abdi.ppj.unp.ac.id/index.php/abdi

Ibrahim. (2015). Metodelogi Penelitian Kualitatif: Panduan Penelitian Beserta Contoh Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Khan, S. jan mohd. (2016). Performance among Youth Entrepreneur in Malaysia Micro SMEs. https://doi.org/10.15405/epsbs.2016.08.88

Kuat,T.(2015). Penumbuhan Jiwa Kewirausahaan Melalui Praktik Bisnis [Autosaved]. 155–168.

Permanawati danYulianeu. (2018). Sistem pakar untuk menentukan suatu peluang usaha dengan menggunakan metode smarterdan oreste. 1(1).

Rahim, Abdul Rahman; Ismail, Rasulong; Edi, Jusriadi; Faidul, A.(2017). Balance Vol. XIV No. 2 | Juli 2017 Strategi Implementasi Model Pengembangan Wirausahawan Muda Bagi Masyarakat Pesisir Kabupaten Takalar. Xiv(2).

Roro Aditya Novi Wardhani1), S.R.(2019).Pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan motivasi terhadap minat untuk berwirausaha mahasiswa ikip pgri jember. Equilibriu, 7(2), 52–57.

Setiawan,W.E.,&Purnami,L.(2018). Pelatihan Wira usaha Boga Dalam Program Pastry dan Bakery (Studi Kasus di Lembaga Kursus dan Pelatihan Multi Karya Kota Palangka Raya). Vol. 1, 11.

Sigit,T.A., Azis,F., & Maria,M.M. (2018). Perumusan Strategy Pemasaran Berdasarkan Analysis Swot Studi Kasus Pada PT. Aquafaram Nusantara Semarang. Journal of Management,4(4).

Suharyono. (2017). Sikap dan Perilaku Wirausahawan. Jurnal Ilmu Dan Budaya,40.https://doi.org/10.21067/jem.v10i1.774

Sumarso,H.(2013).Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Intensi Wirausaha Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo. 11, 62–88.

Suryana. (2013). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses (Edisi 4). Jakarta: Salemba Empat.

UU No. 20 Tahun 2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:

Graevenitz, G., Harhoff, D., & Weber, R. (2010). The effects of entrepreneurship education. Journal of Economic Behavior and Organization. https://doi.org/10.1016/j.jebo.2010.02.015

Walter, S. G., & Block, J. H. (2016). Outcomes of entrepreneurship education: An institutional perspective. Journal of Business Venturing, 31(2), 216–233. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2015.10.003

Wibowo, A. (2011). Pendidikan Kewirausahaan (Konsep dan Strategi). Yogayakarta: Pustaka Pelajar.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti, . (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis.

Wibowo, M. (2011). Pembelajaran Kewirausahaan dan Minat Wirausaha Lulusan Perguruan Tinggi. Eksplanasi, 6(2), 109–122.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Ridwan, M., Sudiyatmoko, A., & Mudzakir, M. (2023). PEMBUATAN ASET VIDEO KONTEN DIGITAL UNTUK KEGIATAN PROMOSI UMKM PADA MASYARAKAT UMKM DI DESA BABAKAN SEBRANG KEC. CISEENG, KAB. BOGOR - JAWA BARAT. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1552–1557. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/34815