PENGENALAN PEMBUKUAN (AKUNTANSI SEDERHANA) DI YAYASAN AL KAMILAH, DEPOK

Authors

  • Alexander Raphael S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Sapta Setia Darma S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Rahma Wiyanti S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Pembukuan, Akuntansi Sederhana, Yayasan

Abstract

Yayasan adalah badan hukum yang kekayaannya terdiri dari kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan untuk mencapai tujuan tertentu di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan. Yayasan diatur dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang yayasan. Yayasan sebagai suatu badan hukum mampu dan berhak serta berwenang untuk melakukan tindakan-tindakan perdata. Pada dasarnya, keberadaan badan hukum yayasan bersifat permanen, yaitu hanya dapat dibubarkan melalui persetujuan para pendiri atau anggotanya. Sekalipun lembaga yayasan mempunyai karakteristik dan tujuan organisasi memiliki tujuan yang spesifik dan unik yang dapat bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Akuntansi adalah proses mengindentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan kejadian-kejadian ekonomi sebuah organisasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Kejadian-kejadian ekonomi tersebut akan disajikan dalam bentuk laporan keuangan. Dengan kata lain, laporan keuangan bertujuan untuk menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu entitas yang bermanfaat bagi sejumlah besar pengguna dalam pengambilan keputusan ekonomi. Laporan keuangan tidak diwajibkan menyediakan informasi non keuangan. Menurut pernyataan Ikatan Akuntan Indonesia, PSAK No. 45 Tentang pelaporan keuangan Entitas Nilaba, laporan keuangan yang bertugas mengelola dokumen ekonomi sehingga bisa menghasilkan informasi ekonomi yang memadai bagi para pengambil keputusan dan pihak-pihak yang berkepentingan. Kegiatan mengelola dokumen ekonomi sehingga menjadi informasi ekonomi disebut dengan akuntansi.

References

Novitasari (2019), Metode Mudah Menyusun Pembukuan Sederhana-Pegangan Wajib Praktis Bisnis Dan Pelaku Usaha UKM, Yogyakarta, Quadrant, 2019.

PSAK EMKM, IKATAN AKUNTAN INDONESIA, Jakarta, 2018.

Wijaya (2018). Akuntansi UMKM. Jakarta. Gava Media, 2018.

Herry (2014). Cara Mudah Membuat Pembukuan Sederhana, Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 2014.

Sujarweni (2020). Akuntansi UMKM (Usaha Mikro Kecil & Menengah), Pustaka Baru, Yogjakarta, 2020.

Purnamawati (2020). Buku Akuntansi Koperasi dan UMKM Teroi dan Praktik, Rajagrafindo Persada, Depok, 2020.

Sugiri (2021). Akuntansi Keuangan UMKM; Pendekatan Praktis, UPP STIM YKPN, Yogjakarta, 2021.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Raphael, A., Darma, S. S., & Wiyanti, R. (2023). PENGENALAN PEMBUKUAN (AKUNTANSI SEDERHANA) DI YAYASAN AL KAMILAH, DEPOK. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1608–1613. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/34843