SOSIALISASI PELAPORAN SPT TAHUNAN PPH ORANG PRIBADI

Authors

  • Yuli Anita Silviyani Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Nurhayati Nurhayati Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Fitria Eka Ningsih Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Pengabdian Kepada Masyarakat, SPT Tahunan, Pajak Penghasilan 21 (PPh 21)

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dapat diartikan sebagai respon akademik kampus atas kebutuhan, tantangan, atau persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu para karyawan perusahaan untuk mengisi dan melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Adapun bentuk kegiatan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan tema sosialisasi pelatihan pengisian dan pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Dengan para pengajar dan narasumber yang dilibatkan adalah para Dosen Program Studi Akuntansi dari Universitas Pamulang. Pelaksanaan PKM ini dengan tema terkait sosialisasi pendampingan pengisian dan pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi merupakan hasil survei kami terhadap pemilik perusahaan PT Ferbe Berkat Teknologi. Beliau menyampaikan bahwa selama ini para karyawannya tidak pernah melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. PKM ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 09 Maret 2023 dengan melaksanakan beberapa tinjauan awal seperti pemaparan terkait materi dasar-dasar perpajakan dan jenis SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dan kami juga melakukan evaluasi melalui kuisioner yang akan kami sebarkan ke peserta setelah acara usai, dan kami mengevaluasi acara yang sudah dilaksanakan apakah sudah tepat sasaran.

References

https://klikpajak.id/blog/jenis-jenis-formulir-spt-tahunan-orang-pribadi-dan-cara-mengisi-spt/

Aryani, R. . A. I., Murapi, I., Astarini, D. A. O., Sriwinarti, N. K., & Marzuki, K. (2022). Pelatihan Pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi (OP) pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Bumigora. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 265–274. https://doi.org/10.30812/adma.v2i2.1598

Hermawansyah, A., Setyaningsih, E., & Wahyuni, N. (2022). Asistensi Pelaporan Spt Pph Orang Pribadi Melalui E-Filling Atau. 1(2), 295–299.

Magdalena, M. (2018). Analisis Pelaporan SPT Tahunan PPh Pasal 21 Sebelum dan Sesudah Penerapan Sistem E-Filing Bagi PNS Dinsosnakertrans Kabupaten Nias. 19(01), 97–107.

Sari, D. P. (2020). PENDAMPINGAN PENGISIAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI SURABAYA TAHUN 2019. 3(1).

Sari, D. P., Lasdi, L., Hartanto, S., Kristina, N., Katolik, U., & Mandala, W. (2022). PARTA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pendampingan Pengisian SPT Tahunan Tahun 2021 Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Pendahuluan Metode Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini : Hasil Dan Pembahasan. 3, 72–76.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Silviyani, Y. A., Nurhayati, N., & Ningsih, F. E. (2023). SOSIALISASI PELAPORAN SPT TAHUNAN PPH ORANG PRIBADI. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1621–1626. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/34846