Evaluasi Behavior Pada Pelatihan Mandiri Guru Menggunakan Platform Merdeka Mengajar
Keywords:
Evaluasi Behavior, Pelatihan Guru, Platform Merdeka MengajarAbstract
Model evaluasi Krik Patrick pada komponen perilaku dirasa masih banyak kelemahannya, salah satunya hasil evaluasi dari komponen perilaku yang diberikan setelah peserta melakukan pelatihan pada program tertentu masih belum dapat memberikan pengaruh perubahan yang lebih baik bagi peserta pelatihan. Penelitian ini dirancang untuk mengevaluasi adanya perubahan perilaku guru sekolah dasar setelah melakukan pelatihan dengan menggunakan platform merdeka mengajar. Metodologi penelitian dengan kuantitatif deskriptif, serta metode dengan model evaluasi program Kirkpatrick digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian adalah 15 peserta pelatihan yaitu guru sekolah dasar setelah melakukan pelatihan mengajar menggunakan platform merdeka mengajar. Pengumpulan data menggunakan data dari respons angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa peserta pelatihan dengan menggunakan platform merdeka mengajar meningkatkan kepuasan secara verbal bahwa peserta pelatihan merasa platform merdeka mengajar sangat membantu dan memberikan keefektifan serta efisiensi dalam pembelajaran. Pengetahuan peserta tentang platform merdeka mengajar sebagai media pembelajaran baru dapat melatih kognitif, afektif, dan psikomotik peserta pelatihan.
References
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9
Aini, N., Majid, A., Arshad, H., & Yunus, F. (2018). Children and Teacher’s Interaction for English Pre-literacy Using Mobile Augmented Reality. International Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(15), 71–78.
Amini, & Ginting, N. (2020). Amini, “Otonomi Pendidikan di Masa Krisis Pandemi Covid-19 (Analisis Peran Kepala Sekolah).” Al-Muaddib; Jurnal Ilmu-IImu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 305–314.
Edi, S., Suharno, S., & Widiastuti, I. (2017). Pengembangan Standar Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa Smk Program Keahlian Teknik Pemesinan Di Wilayah Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 10(1), 22. https://doi.org/10.20961/jiptek.v10i1.14972
Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 75. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590
Firdaus, H., & Anriani, N. (2022). Evaluasi Program Praktek Kerja Industri Pada Sekolah Menengah Kejuruan Menggunakan Model CIPP. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2253–2260. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.1011
Hassan, N. F., Puteh, S., & Sanusi, A. M. (2019). Fleiss’s Kappa: Assessing the concept of technology enabled active learning (TEAL). Journal of Technical Education and Training, 11(1), 109–118. https://doi.org/10.30880/jtet.2019.11.01.14
Holisoh, A., Anriani, N., & Nurhalimah, N. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Prakerin (Prektek Kerja Industri) di Salah Satu SMK di Tangerang dengan Pendekatan Goal Oriented Evalution Model. Gema Wiralodra, 13(2), 799–805. https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.297
Iskandar, A. (2022). Optimalisasi Link and MatchMelalui Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6 No. 3(3), 4773–4791.
Maison, Kurniawan, D. A., & Anggraini, L. (2021). Perception , Attitude , and Student Awareness in Working on Online Tasks During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 108–118. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18039
Mumu, J., Tanujaya, B., Charitas, R., & Prahmana, I. (2022). Likert Scale in Social Sciences Research: Problems and Difficulties. FWU Journal of Social Sciences, 16(4), 89–101. https://doi.org/10.51709/19951272/Winter2022/7
Noor, F. M. (2020). Memperkenalkan Literasi Sains Kepada Peserta Didik: Perspektif Calon Guru PIAUD. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 056. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7066
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 250–261. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK
Pereira, S., Rodrigues, M. J., & Vieira, R. M. (2019). Scientific literacy in the early years – practical work as a teaching and learning strategy. Early Child Development and Care, 0(0), 1–15. https://doi.org/10.1080/03004430.2019.1653553
Sever, I., Öncül, B., & Ersoy, A. (2019). Using flipped learning to improve scientific research skills of teacher candidates. Universal Journal of Educational Research, 7(2), 521–535. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070225
Yayuk, S., & Sugiyono, S. (2019). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan biaya pendidikan terhadap kualitas proses belajar mengajar dan dampaknya dengan kompetensi lulusan SMK di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.23758.
Zainuddin, M., Sutansi, S., & Untari, E. (2020). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS (Higher order Thinking skill) dengan Penekanan Karakter. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(4), 739. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i4.565.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ikhwan Mauli Cahyadin, Soeprijanto, Anan Sutisna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.