Penerapan Data Mining Dalam Penentuan Jurusan Siswa Dengan Metode Klasifikasi Algoritma C4.5 Studi Kasus SMAN 1 Leuwisadeng
Keywords:
SMA, Jurusan, Data Mining, Klasifikasi, Algoritma C4.5Abstract
Penjurusan siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) pada Kurikulum 2013 dilakukan pada saat siswa baru masuk kelas X. Penjurusan merupakan upaya strategis dalam memberikan fasilitas untuk menyalurkan minat dan kemampuan yang dianggap paling potensial untuk dikembangkan secara optimal. Seringkali siswa mengalami kebingungan untuk memilih jurusan, karena kurang pemahaman siswa terhadap jurusan yang akan diambil. Untuk mengatasi hal tersebut, SMAN 1 Leuwisadeng membuka konsultasi secara langsung kepada Guru BP/BK untuk memberikan arahan dalam memilih jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan siswa. Namun sistem penjurusan di SMAN 1 Leuwisadeng masih dilakukan secara manual. Seiring dengan perkembangan teknologi, hal itu dapat diatasi dengan teknik pengelompokkan data didapat dari hasil data mining. Data mining adalah kegiatan yang meliputi pengumpulan, pemakaian data, historis untuk menemukan keteraturan, pola atau hubungan dalam set data berukuran besar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan algoritma C4.5 untuk memprediksi siswa-siswi dalam menentukan pilihan jurusan yang akan diambil. Hasil dari akurasi yang didapat pada program ini adalah sebesar 92,31%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data mining dengan metode klasifikasi Algoritma C4.5 dapat mempercepat proses penjurusan siswa.
References
Achmad Solichin. 2016. “Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL”. Hal 10
Agung Baitul Hikmah, dkk. 2015. Cara Cepat Membangun Website dari Nol Studi Kasus : Web Dealer Motor. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Ali Zaki dan Smithdev Community. 2008. Belajar Komputer PHP dan MySQL. Semarang: Elex Media Komputindo.
Basuki, A., dan Syarif, I. 2003. Pohon Keputusan. http://lecturer.eepis- its.edu/~basuki/lecture/DecisionTree.pdf
Beti Novianti, Tedy Rismawan dan Syamsul Bahri. 2016. Implementasi Data Mining dengan Algoritma C4.5 untuk Penjurusan Siswa (Studi Kasus SMA Negeri 1 Pontianak).
Dhika, Harry. 2015. Kajian Komparasi Penerapan Algoritma C4.5, Naïve Bayes, dan Neural Network dalam Pemilihan Kerja Penyedia Jasa Transportasi: Studi Kasus CV. Viradi Global Pratama. SNIT.
Eka Budi Rayahu. Algoritma C4.5 untuk Penjurusan Siswa SMA Negeri 3 Pati.
Han, J. dan M. Kamber. 2006. Data Mining Concepts and Techniques Second Edition. San Francisco: Morgan Kaufmann.
Kusrini dan Luthfi, E. T. 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset.
Mantas, C. J., & Abellan, J. 2014. Credal-C4.5: Decision tree based on imprecise probabilities to classify noisy data. Expert Systems with Applications, 41(10), 4625-2637.doi:10.1016/j.eswa.2014.01.017
Pressman, Ph.D. Roger S. 2010. Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak Edisi 7. Penerbit Andi. Yogyakarta
Purbadian, Yenda. 2016. Trik Cepat Membangun Aplikasi Web dengan Framework Codeigniter. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Quinlan, J.R. 1986. Induction of Decision Trees. Machine Learning, 81-106
Ramli, Murni. 2008. Penjurusan di SMA. http://indosdm.com/penjurusan-di-sma
Rina Kurniasari dan Azizah Fatmawati. 2019. Penerapan Algoritma C4.5 untuk Penjurusan Siswa Sekolah Menengah Atas.
Santoso, Budi. 2007. Data Mining: Teknik Pemanfaatan data untuk keperluan bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu
Snow, RE. 1986. Individual Differences And The Design Of Educational Program In Journal Of Psychology. American Psychologist, Vol 41(10), Oct 1986, 1029-1039
Supono, dan Virdiandry Putratama. 2016. Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Tang, ZhaoHui and J. MacLennan. 2005. Data Mining With SQL Server 2005. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.
Turban, E., dkk. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems. Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wendy Asswan Cahyadi, Subhan Munafis, Yose Eduar Muda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.