Tingkat Profitabilitas PT Indofood Sukses Makmur Tbk Mengukur Market Value Added (MVA) dan Economic Value Added (EVA)

Authors

  • Yusuf Supardi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Khuzaeni Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Market Value Added (MVA), Economic Value Added (EVA)

Abstract

Tingkat Profitabilitas PT Indofood Sukses Makmur, Tbk mengukur Market Value Added (MVA) dan Economic Value Added (EVA) itulah judul tema dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat profitabilitas pada perusahaan akan dapat meningkatkan kemakmuran bagi pemegang saham khususnya MVA dan EVA dalam kurun waktu yang cukup panjang, yaitu tahun 2003 sampai dengan 2022. Tingkat keberhasilan dalam mempertahankan produktifitas sangat penting dalam menjamin keberlangsungan usaha bagi perusahaan dimana pada akhirnya akan menambah nilai peruahaan dan kemakmuran bagi pemegang saham. Keberlangsungan usaha (going concern) suatu perusahaan dapat dilihat dalam laporan keuangan yang akan mencerminkan apakah suatu perusahaan dapat melangsungkan usahanya dimasa datang dengan asumsi waktu yang tidak terbatas dengan profitabilitas yang diperolehnya. Ada fenomena menarik pada PT Indofood Sukses Makmur, Tbk dimana dalam laporan keuangan yang dipublikasikan dari tahun 2003-2022 memperlihatkan trend peningkatan pada pendapatan dari tahun-ketahun. Pendapatan tertinggi Rp 110.830.272.000.000,- pada tahun 2022 sedangkan terendah 17.871.425.000.000,- pada tahun 2003. Sedangkan laba bersih tertinggi sebesar Rp 7.642.197.000.000,- di tahun 2021 dan laba bersih terendah di tahun 2005 sebesar Rp 124.017.963.000,- Sedangkan Rata-rata pendapatan dan laba bersih selama 20 tahun terkhir ini yaitu di angka Rp 53.919.662.266.600,- dan Rp 3.079.624.948.150,- PT Indofood Sukses Makmur, Tbk dalam dunia persaingan bisnis, maka dituntut untuk mampu menganalisis kinerja dari suatu perusahaan. Kemampuan ini berguna untuk menilai sejauh mana kekuatan dan sejauh mana peningkatan yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk mengatur bisnis yang sedang dijalani. Analisa profitabitas merupakan analisa terhadap kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dalam satu periode. Apakah profitabilitas yang didapatkan dalam kurun waktu 20 tahun (2003-2022) PT Indofood Sukses Makmur, Tbk mampu bisa mengangkat nilai perusahaan sehingga akan memberikan kemakmuran bagi pemegang saham? Maka untuk menjawab pertanyaan ini perlu dianalis lebih lanjut tentang Market Value Added (MVA) dan Economic Value Added (EVA). Hasil penelitian yang dilakukan pada laporan keuangan pada PT Indofood Sukses Makmur, Tbk periode 2003-2022 didapatkan pada analisa Profitabilitas dihasilkan trend yang posistip selama 20 tahun terakhir, Market value Added juga terjaga dengan baik dengan indikator trend positip, Sedangkan pada Economic Value Added (EVA) memperlihatkan hasil yang cukup baik. Dengan demikian dari ketiga barometer diatas, maka PT Indofood Sukses Makmur, Tbk tergolong perusahaan go publik dengan kondisi keuangan yang terjaga dengan baik dalam kurun waktu 20 tahun terakhir ini (2003-2022).

References

Hanafi, 2009, Analisis Laporan Keuangan. Edisi. 4 UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Harahap, Sofyan Syafri (2014) Analysis kritis atas Laporan keuangan.Jakarta PT Raja Grafindo Persada.

Hasibuan, Malayu S.P. 2010 Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Keduabelas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mamduh M. Hanafi dan Abdul Halim. 2000. Analisa Laporan Keuangan Edisi 7. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Munawir (2010), Analisis laporan keuangan, konsep dan aplikasi: Yogyakarta, Liberty. Bodie, Alex Kane, Alan J. Marcus, (2019). Dasar-dasar Investasi. Jakarta: Salemba Empat Brigham dan Houston. (2013). Fundamentals of Financial Management, The dryden PressHery. (2016). Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: PT Grasindo.

Ross, Westerfield, dan Jaffe. (2018). Corporate Finance, McGraw-HiL Sugiyono, D. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Warsono, (2003). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Bayu Media

https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Ekonomika/article/view/12719/7479

https://journal.stieip.ac.id/index.php/iga/article/view/122/109

https://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/pkn/article/view/999/511

https://ejournal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/makesya/article/view/1177

http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1572/1588

https://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/view/5772/3961

https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/COSTING/article/view/6418/4215

https://prin.or.id/index.php/cemerlang/article/view/349/386

https://www.indofoodcbp.com/investor-relation/annual-report.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Supardi, Y., & Khuzaeni. (2024). Tingkat Profitabilitas PT Indofood Sukses Makmur Tbk Mengukur Market Value Added (MVA) dan Economic Value Added (EVA). PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 121–135. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/38983