Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Asuransi Reliance Indonesia Pluit Jakarta Utara
Keywords:
Kualitas Pelayanan dan Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Asuransi Reliance Indonesia dan seberapa besar pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Ada pun tempat yang di ambil untuk penelitian ini adalah PT. Asuransi Reliance Indonesia yang bergerak Bidang Jasa Asuransi. Dan waktu penelitian ini dilakukan dari bulan Juli - September 2023. Metode yang digunakan pada ini adalah kuantitatif deskriptif Populasi dalam penelitian adalah Konsumen PT. Asuransi Reliance Indonesia. dengan jumlah sempel yang digunakan 90 sampel, dengan menggunakan metode SPSS versi 24. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi product moment, koefisien determinasi, dan uji signifikansi koefisien (Uji t). Hasil penelitian menunjukan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan mendapat respon yang baik dari Konsumen dan hasil regresi sederhana pada variabel Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan diperoleh hasil Y = 8,411 + 0,898 X. Hasil koefisien determinasi diperoleh nilai KD sebesar 56,1%, sedangkan sisanya sebesar (100% - 56,1%) =43,9% di pengaruhi faktor lain diluar penelitian ini. Dan Selanjutnya berdasarkan uji signifikansi koefisien (uji t) diperoleh Nilai t-hitung > t-tabel, sebesar (10,610 > 1,987) yang artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada adalah PT. Asuransi Reliance Indonesia.
References
Arif Muhtosim, 2020, Manajemen Pemasaran, Klaten: PT. Indeks Kelompok Media
Aryani, Dwi dan Rosinta, Febrina. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Volume 17, Nomor 2 hlm. 114-126
Bitner dan Boom, 2021 Sistem Informasi Manajemen, Bandung : Pustaka Binaman Pessindo
Coulter dan Robbins, 2018 Consumer Behaviorí, Edisi kedua belas, Jakarta: salemba Empat
Coulter Merry dan P. Robbins Stephen 2018 Consumer Behaviorí, Edisi kedua belas, Jakarta: salemba Empat
Diana Anastasia dan Tjiptono Fandy 2017 Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Fandy Tjiptono, 2019 Perilaku Konsumen,Edisi Keenam, Jakarta: Binapura Aksara
G.R Terry, 2017 Principles of Management, Jakarta: PT Bumi Aksara
Gaspersz Vincent, 2018 Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Ghozali. “ Struktur Periklanan Perusahaan” Bandung Angkasa pada 9 Agustus 2021
Griffin Jill, 2019, Customer Loyality, Edisi Revisi Jakarta: Erlangga
Gronroos, 2018 Service Management Marketing, New York: Wiley
Handoko, 2018 Manajemen Personalian dan Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 4, Yogyakarta: BPEE
Haruna Sakito, 2018 Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Hill dan Lauren K. Wright, 2019, Manajemen Pemasaran Jasa Alih Bahasa Agus Widyantono, Jakarta: Cetakan Kedua
J. Stanton Wiliam, 2018 Prinsip-Prinsip Pemasaran Jakarta:Erlangga
Julian Cummins. 2017. Promosi Penjualan. Tangerang: Binarupa Aksara
Kasmir. 2019 dan Lembaga Keuangan lainnya, Jakarta: PT. Rajagrapindo Persada Khoirunnisa
Kotler, Philip & Kevin L. Keller. 2018. Manajemen pemasaran jilid 1, edisi Ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip 2017 Service Management, Yogyakarta: Andi
Kotler, Philip 2017. Manajemen Pemasaran,Analisis, Perencanaan, Implementasi danKontrol. Jilid 1, Penerbit PT. Prenhallindo,Jakarta.
Kotler, Philip dan Armstrong, Grey. 2019. Prinsip-Prinsip Pemasaran.Yogyakarta: Andi
Kotler, Philip. 2017. Manajemen Pemasaran. Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol. Jakarta : PT Prenhallindo.
Kotler, Philip. 2019. Perilaku Konsumen. Jilid 2.Jakarta: Erlangga.
Lupiyadi, Rambat. 2018, ManajemenPemasaran Jasa, Jakarta: SalembaEmpat Parasuraman, Valeri A. Zeithml, and Leonard L.Berry, A. Conceptual Model of
Lupiyadi, Rambat. 2018. ManajemenPemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Rangkuti Freddy. “Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan”. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama 2019
Rangkuti. 2021. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta. Imam
Rudianto. ‘Pengantar Akuntansi’. Jakarta: Erlangga.2019
Service L.And Its Implications For Future Research,Journal of Marketing, No. 49 (fall), 1985.
Soekresno. 2017. Manajemen Food andBeverage Service Hotel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiarto, Endar. 2018. Psikologi Pelayanandalam Industri Jasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.Swastha, Basu dan Handoko. 1997. Manajemen Pemsaran Modern.Yogyakarta: Liberty.
Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D”. Bandung : Alfabeta. 2018
Tjiptono, Fandy. 2020, Manajemen Jasa.Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sela Novitasari, Indar Riyanto, Fuadi, Virginia Agnes Stephanie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.