Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Asuransi Reliance Indonesia Pluit Jakarta Utara

Authors

  • Sela Novitasari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Indar Riyanto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Fuadi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Virginia Agnes Stephanie Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Asuransi Reliance Indonesia dan seberapa besar pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Ada pun tempat yang di ambil untuk penelitian ini adalah PT. Asuransi Reliance Indonesia yang bergerak Bidang Jasa Asuransi. Dan waktu penelitian ini dilakukan dari bulan Juli - September 2023. Metode yang digunakan pada ini adalah kuantitatif deskriptif Populasi dalam penelitian adalah Konsumen PT. Asuransi Reliance Indonesia. dengan jumlah sempel yang digunakan 90 sampel, dengan menggunakan metode SPSS versi 24. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi product moment, koefisien determinasi, dan uji signifikansi koefisien (Uji t). Hasil penelitian menunjukan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan  mendapat respon yang baik dari Konsumen dan hasil  regresi sederhana pada variabel Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan diperoleh hasil Y = 8,411  + 0,898 X. Hasil koefisien determinasi diperoleh nilai KD sebesar 56,1%, sedangkan sisanya sebesar (100% - 56,1%) =43,9% di pengaruhi faktor lain diluar penelitian ini. Dan Selanjutnya berdasarkan uji signifikansi koefisien (uji t) diperoleh Nilai t-hitung > t-tabel, sebesar (10,610 > 1,987) yang artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada adalah PT. Asuransi Reliance Indonesia.

References

Arif Muhtosim, 2020, Manajemen Pemasaran, Klaten: PT. Indeks Kelompok Media

Aryani, Dwi dan Rosinta, Febrina. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Volume 17, Nomor 2 hlm. 114-126

Bitner dan Boom, 2021 Sistem Informasi Manajemen, Bandung : Pustaka Binaman Pessindo

Coulter dan Robbins, 2018 Consumer Behaviorí, Edisi kedua belas, Jakarta: salemba Empat

Coulter Merry dan P. Robbins Stephen 2018 Consumer Behaviorí, Edisi kedua belas, Jakarta: salemba Empat

Diana Anastasia dan Tjiptono Fandy 2017 Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Fandy Tjiptono, 2019 Perilaku Konsumen,Edisi Keenam, Jakarta: Binapura Aksara

G.R Terry, 2017 Principles of Management, Jakarta: PT Bumi Aksara

Gaspersz Vincent, 2018 Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Ghozali. “ Struktur Periklanan Perusahaan” Bandung Angkasa pada 9 Agustus 2021

Griffin Jill, 2019, Customer Loyality, Edisi Revisi Jakarta: Erlangga

Gronroos, 2018 Service Management Marketing, New York: Wiley

Handoko, 2018 Manajemen Personalian dan Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 4, Yogyakarta: BPEE

Haruna Sakito, 2018 Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Hill dan Lauren K. Wright, 2019, Manajemen Pemasaran Jasa Alih Bahasa Agus Widyantono, Jakarta: Cetakan Kedua

J. Stanton Wiliam, 2018 Prinsip-Prinsip Pemasaran Jakarta:Erlangga

Julian Cummins. 2017. Promosi Penjualan. Tangerang: Binarupa Aksara

Kasmir. 2019 dan Lembaga Keuangan lainnya, Jakarta: PT. Rajagrapindo Persada Khoirunnisa

Kotler, Philip & Kevin L. Keller. 2018. Manajemen pemasaran jilid 1, edisi Ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip 2017 Service Management, Yogyakarta: Andi

Kotler, Philip 2017. Manajemen Pemasaran,Analisis, Perencanaan, Implementasi danKontrol. Jilid 1, Penerbit PT. Prenhallindo,Jakarta.

Kotler, Philip dan Armstrong, Grey. 2019. Prinsip-Prinsip Pemasaran.Yogyakarta: Andi

Kotler, Philip. 2017. Manajemen Pemasaran. Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol. Jakarta : PT Prenhallindo.

Kotler, Philip. 2019. Perilaku Konsumen. Jilid 2.Jakarta: Erlangga.

Lupiyadi, Rambat. 2018, ManajemenPemasaran Jasa, Jakarta: SalembaEmpat Parasuraman, Valeri A. Zeithml, and Leonard L.Berry, A. Conceptual Model of

Lupiyadi, Rambat. 2018. ManajemenPemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti Freddy. “Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan”. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama 2019

Rangkuti. 2021. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta. Imam

Rudianto. ‘Pengantar Akuntansi’. Jakarta: Erlangga.2019

Service L.And Its Implications For Future Research,Journal of Marketing, No. 49 (fall), 1985.

Soekresno. 2017. Manajemen Food andBeverage Service Hotel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiarto, Endar. 2018. Psikologi Pelayanandalam Industri Jasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.Swastha, Basu dan Handoko. 1997. Manajemen Pemsaran Modern.Yogyakarta: Liberty.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D”. Bandung : Alfabeta. 2018

Tjiptono, Fandy. 2020, Manajemen Jasa.Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Novitasari, S., Riyanto, I., Fuadi, & Stephanie, V. A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Asuransi Reliance Indonesia Pluit Jakarta Utara. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 162–171. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/38987