Memberikan Informasi Mengenai Jadwal Booking Lapangan Bulu Tangkis Kepada Pelanggan Yang Dapat Diakses Dengan Mudah Pada Gor Pratama Berbasis Web Dengan Fitur Find Match Menggunakan Framework Laravel

Authors

  • Suhendra Anjar Dinata Program Studi Informatika, STIKom El Rahma
  • Sudianto Program Studi Informatika, STIKom El Rahma
  • Yose Eduar Muda Program Studi Informatika, STIKom El Rahma

Keywords:

Sistem Informasi, Pemesanan Lapangan, Badminton, Find Match, Framework Laravel, Big Bang Model, UML

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Informasi Pemesanan Lapangan Badminton dengan fitur Find Match menggunakan framework Laravel pada Gor Pratama. Masalah yang dihadapi adalah kurangnya informasi yang lengkap bagi calon pelanggan saat melakukan booking, terutama terkait jadwal lapangan. Hal ini mengakibatkan pelanggan selalu harus menanyakan ketersediaan lapangan pada tanggal dan jam yang mereka inginkan sebelum melakukan pemesanan. Tingginya jumlah pertanyaan serupa dalam waktu yang bersamaan dapat menyulitkan pengelola lapangan dalam menentukan jadwal, terutama karena proses penjadwalan yang masih manual dan memerlukan pengulangan penulisan atau perubahan jadwal pada catatan yang ada. Selain itu, ada juga kemungkinan bahwa pelanggan tidak memiliki teman atau lawan bermain sebelum melakukan pemesanan. Dalam penelitian ini, digunakan metode pengembangan perangkat lunak Big Bang Model dengan menggunakan UML sebagai model pengembangan sistem. Pengujian perangkat lunak dilakukan melalui pengujian black-box. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Informasi Pemesanan Lapangan Badminton dengan fitur Find Match ini berhasil memudahkan pelanggan dalam proses pemesanan lapangan, pembuatan jadwal, serta memberikan opsi kepada pelanggan yang tidak memiliki teman bermain untuk menemukan teman bermain mereka.

References

Andi Suryoto. (2007). Ajax Membangun Web dengan Teknologi Asynchronouse JavaScript & XML. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Ariffud. (2022). “Mengenal Visual Code Studio dan Fitur-Fitur Pentingnya.”.

Eko Setia Budi, Raden Bagus Dimas Putra, Abdul Rahman Kadafi. (2021). “Sistem Informasi Pemesanan Lapangan Pada Arena Futsal Kelapa Dua Berbasis Web .”

Elisabet Yunaeti Anggraeni. (2017). “PENGANTAR SISTEM INFORMASI.” Dalam , disunting oleh Erang Risanto, 2. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Fitri Nuraeni, Asep Deddy Supriatna, Muhammad Arief Sobirin. (2021). “Aplikasi Pengelolaan Usaha Sewa Lapangan Futsal Berbasis Web.”

Harry Sufehmi. (2013). Quickstart : Panduan Instalasi AhadPOS : dengan XAMPP & Windows. 4 ed. Imtiyaz Publishing.

Jubilee Enterprise. (2016). Pengenalan HTML dan CSS. Alex Media Komputindo.

Merlinda, Sinta. (2019). “Pengembangan Video Pembuatan Kerajinan Bantalan Jarum Dari Limbah Hasil Jahitan Busana Untuk Siswa Kelas X Busana Butik Smk Muhammadiyah 1 Tempel,” 13–17.

Rani Yulianty Iskandar. (2010). Seri Olahraga Anak Bulu Tangkis . Depok: PT Niaga Swadaya.

Rintho Rante Rerung. (2018). Pemrograman Web Dasar. Deepublish.

Rizkie Triansyah, Sebastian Fajar Juanito, Malfin Mendrofa, Nur Ismawati. (2022). “Sistem Informasi Booking Lapangan Futsal Berbasis Web Dengan Fitur Find Match (Studi Kasus Di Futsal 4d).

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Dinata, S. A., Sudianto, & Muda, Y. E. (2024). Memberikan Informasi Mengenai Jadwal Booking Lapangan Bulu Tangkis Kepada Pelanggan Yang Dapat Diakses Dengan Mudah Pada Gor Pratama Berbasis Web Dengan Fitur Find Match Menggunakan Framework Laravel. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 192–200. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/38992