Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berdagang Pada Pasar Tradisional Reni Jaya Lama Pondok Petir Kota Depok
Keywords:
Minat Berdagang, Pasar TradisionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi minat berdagang pada Pasar Tradisional Reni Jaya Lama Pondok Petir Kota Depok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu para pedagang pasar yang berjumlah 54 orang. Teknik pangambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu semua anggota pupulasi sebanyak 54 orang dijadikan responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket/kuesioner, metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak dua puluh empat yang diduga berpengaruh terhadap minat berdagang. Analisis kuantitatif yang digunakan adalah teknik analisis faktor meliputi, KMO and Barlett’s Test, Anti Image Correlation, Total Variance Explained, Component Matrix and Rotated Component Matrix, dan Component transformation Matrix. Hasil penelitian ini adalah terbentuknya lima faktor dari enam belas variabel yang mempengaruhi minat berdagang pada Pasar Tradisional Reni Jaya Lama Pondok Petir Kota Depok yaitu Faktor Kebebasan Bekerja, Mandiri dan Peluang memperoleh Keuntungan; Faktor Dorongan dan Bantuan dari Keluarga/Famili; Faktor Dukungan Tempat dan Fasilitas; Faktor Memiliki Kompetensi dan Pengalaman Berbisnis; dan Faktor Hobi dan Kegemaran. Lima faktor yang dihasilkan dalam analisis mampu menjelaskan 93,317% dari faktor-aktor yang mempengaruhi minat berdagang pada Pasar Tradisional Reni Jaya Lama Pondok Petir Kota Depok. Sedangkan sisanya 6,683% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti.
References
Alreza Anan Hafidzi. 2013. Pengaruh Kelengkapan Produkdan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Pada Mini Market Alfamart. Jurnal EMBA Vol.1 ISSN 2301-1174
Anwar, Sanusi. 2016. Metodelogi Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Salemba Empat. Jakarta.
Arief Adi Satria. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36, PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Vol 2, No. 1, April 2017.
Bida Sari1, Estu Mahanani. Analisis Pengaruh Harga, Produk, Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Telon Lang (Survei EventCSRPT. Eagle Indo Pharma), Jurnal STEI Ekonomi - JEMI Vol. 26 No. 02 (Des - 2017).
Dita Amanah, Adinda Ayu Layla. Pengaruh Harga dan Kelangkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Online Shop Tokopedia.com di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Medan. Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Sumut, Volume 2. No.2 Agustus 2019 (125-138)
Donni Junni Priansa. 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta
Fandy Tjiotono. 2014. Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono. 2017. Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
H Hastono, Triyadi Triyadi. Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Handphone Merk Vivo Di Wilayah Tangerang Selatan, Jurnal Ekonomi Efektif, Vol 2, No 3 (2020).
Inka Imalia, Imelda Aprileny. Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi KasusPembelian Rumah Di Grand Nusa Indah Blok J, Cileungsi Pada PT. Kentanix Supra Internasional). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Tahun 2019/2020
J. Setiadi, Nugroho. 2015. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kotler, Keller, 2016. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Marianawati Siregar, Heryensus. Pengaruh Pelayanan, Promosi dah Fasilitas Terhadap Minat Beli Papad PT. Adulam Namora Wisata Tour & Travel, Jurnal Ilmiah Kohesi, Vol. 4 No. 3 Juli 2020
Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nel Arianty, Robby Gunawan. Dampak Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Intervening pada UMKM ikan lele di Desa Purwodadi Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang, Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, UMSU 2(1), 2021.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Nurmin Arianto, Jefri Muhammad. Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Hotel Dharmawangsa. Proceedings Unpam, Vol 1, No 1 (2018).
Peter dan Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Sadilah, Emiliana. dkk. 2011. Eksistensi Pasar Tradisional Relasi dan Jaringan Pasar Tradisional di Kota Semarang-Jawa Tengah. Yogyakarta: Balai Pelestarian.
Siti Mutmainatul Hasanah, Pengaruh Pelayanan, Tata Letak, dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Indomart di Jalan Pakisan Bondowoso. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, April 2018.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta.
Tanti Dwi Fitra Laela, Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Merek Produk Terhadap Minat Beli Produk Fashion Zoya, Jurnal Manajemen Univ. Galuh Ciamis, Vol. 2, No. 2, Oktiber 2015
Widiyanto, Joko. 2010. SPSS for Windows Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sulaiman, Suparjono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.