Penghitungan Harga Pokok Penjualan (HPP) Untuk Penentuan Harga Jual Optimal Produk UMKM Ponpes Lembaga Bina Santri Mandiri-Kab. Bogor

Authors

  • Gunung Subagyo A.H. Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Aditya Riky Nugroho Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Ibram P. Dalimunthe Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Harga Pokok Penjualan, Harga Jual Optimal, UMKM

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam menumbuhkan dan membangun ekonomi Indonesia umumnya dan wilayah Tangerang Selatan khususnya. Dalam menjalankan bisnisnya pengusaha UMKM membutuhkan informasi mengenai harga pokok produknya untuk bisa menentukan harga jual yang optimal. Terkait hal tersebut perguruan tinggi dapat berperan dan turut andil dalam memberikan pelatihan dan penyuluhan tentang penghitungan harga pokok penjualan bagi UMKM. Tim Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpam melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul “Penghitungan Harga Pokok Penjualan (HPP) untuk Menentukan Harga Jual Optimal Produk UMKM Ponpes Lembaga Bina Santri Mandiri .”. PKM ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM guna memiliki pengetahuan tentang penghitungan harga pokok secara sederhana namun akurat dan sangat bermanfaat bagi UMKM. Para pelaku UMKM tersebut setelah menyelesaikan program ini diharapkan dapat memiliki ketrampilan dalam menghitung harga pokok produk yang dijualnya, dan mengembangkan diri di bidang wirausaha pada tataran UMKM. Metode yang digunakan adalah penyampaian materi dan diskusi secara tatap muka mengenai penghitungan harga pokok produk UMKM dan penentuan harga jual. Berdasarkan pengamatan seluruh proses PKM dapat disimpulkan bahwa Pengabdian Kepada Masyakat ini diikuti oleh peserta dengan antusias untuk memberikan respons terhadap materi PKM dan bertambah pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya menghitung harga pokok secara sederhana namun akurat bagi kesuksesan usahanya.

References

Abidin, A. Z., & Dharma, M. B. (2017). Strategi Pengembangan usaha Mikro Kecil Menen- gah Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan. Proceedings Universitas Pamulang, 2(1).

Arif Irwandy, dan Gatut S.Adisumo, 2000, Perencanaan Tambang, Diktat Kuliah, Jurusan Teknik Pertambangan ITB, Bandung.

Djumhani, 1999. "Perancangan Eksplorasi Batubara", Diklat Eksplorasi Pengembangan Tambang Batubara, PPTP.

Ermaya, H. N. L., & Fahria, R. (2019). Pemberdayaan Pelaku Umkm Di Kota Tangerang Selatan Melalui Perhitungan Penetapan Biaya Produk. Sabdamas, 1(1), 33-38.

Fadillah, S., Maemunah, M., & Hernawati, N. (2021). Implementasi Penentuan Harga Pokok Dan Harga Jual Produk Pada UMKM. Kajian Akuntansi, 22(2), 135-147.

Lanen, W., Anderson, S., & Maher, M. (2013). Fundamentals of cost accounting. McGraw- Hill Education.

Mulyadi., 2016, Akuntansi Biaya. Edisi 5, Cetakan 11, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN .

Mulyati, H., Efriadi, A. R., & Nurwati, N. (2020). Workshop Perhitungan Harga Pokok Produksi Bagi UMKM Binaan Pinbas MUI. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(1), 23-30.

Oktavia, T. A., Hartono, H. R. P., Wibowo, S. G., & Sartika, D. A. (2021). Webinar Tantangan Perhitungan Harga Pokok Produksi Bagi Para Pelaku Umkm Pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas Mandiri, 4(2).

Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., Kieso, D. E., & Aly, I. M. (2018). Managerial Accounting: Tools for Business Decision-making. John Wiley & Sons.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

A.H., G. S., Nugroho, A. R., & Dalimunthe, I. P. (2024). Penghitungan Harga Pokok Penjualan (HPP) Untuk Penentuan Harga Jual Optimal Produk UMKM Ponpes Lembaga Bina Santri Mandiri-Kab. Bogor. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 239–242. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/39040