Sistem Pengolahan Data dan Informasi Laporan Praktikum Fisika Dasar di Laboratorium Fisika Dasar Universitas Pamulang Berbasis Website

Authors

  • Fauzan Dika Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pamulang
  • Istiqomah Rohmawati Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pamulang
  • Angga Pramadjaya Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pamulang

Keywords:

Pengolahan Data, Aplikasi Teknologi Informasi, Praktikum, Penjadwalan, UML

Abstract

Telah dilakukan system pengolahan data dan informasi laporan praktikum fisika dasar di labolatorium fisika dasar unpam berbasis website, dengan maksud dan tujuan agar di lembaga PTS tersebut selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi. Sehingga sistem pengolahan data dan informasi ini dapat menunjang perkembangan dalam persaingan mutu dan kualitas PTS. Sistem pengolahan data dan informasi laporan prakstikum fisika dasar ini menggunakan metode pengamatan langsung (observasi), metode wawancara (interview), studi kepustakaan (library), serta analisa dokumen. Adapun proses sistem perangkat lunak tersebut yaitu dengan menggunakan proses system perangkat lunak yang didasarkan pada rekayasa perangkat lunak dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML). Berdasarkan hasil penelitian maka dengan tersedianya aplikasi pengolahan data dan informasi pada labolatorium fisika dasar unpam dapat mempermudah memasukan pengolahan data mahasiswa dan penyimpanan data-data yang diperlukan dalam kelancaran kegiatan pengolahan dan informasi laporan praktikum serta penjadwalan praktikum.

References

Antonio, H. (2012). Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Informatika (SI-ADIF). Jurnal ELKHA Vol. 4 No. 2.

Binarso, Y. A. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Alumni Berbasis W eb pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Diponegoro. Journal of Informatics and Technology, Vol 1.

Firdaus. (2011). SQL Server dengan Visual Basic 6.0 Untuk Orang Awam. Palembang: Penerbit Maxicom 2006.

Jogyanto. (2014). Desain dan Analis. Yogyakarta: ANDI.

Kusuma Riasti, B. (2013). Sistem Informasi Perawatan dan Inventaris Laboratorium pada SMKN 1 Rembang Berbasis Web. Indonesian Jurnal on Computer Science- Speed (IJCSS) 15 Vol. 10 No. 1.

Prasetyo, H. (2011). Perancangan Sistem Pintu Gerbang Dengan Sensor Radio Frequency Identification (RFID) Menggunakan Metode Waterfall. Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Pengendalian Kinerja Pegawai Berbasis (RFID) pada (Dishubkomintel) Pemerintah Aceh, Banda Aceh.

Rahmawati. (2012). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Online di Universitas Sultan Agung Tritayasa. Jurnal Administrasi Publik Vol. 3 No. 1, Juli.

Sholiq. (2010). Analisis dan Perancangan Berorientasi Obyek.

Sugrue, J. (2009). Getting Started with UML. Jurnal Informatika Mulawarman Vol. 6 No.1 Februari 2011.

Supartono. (2011). Pengembangan Perangkat Perkuliahan Kegiatan Laboratorium Fisika Dasar II Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kinerja Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 (2011). 62-68, Tim Penulis PEKERTI Bidang MIPA 2000.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Dika, F., Rohmawati, I., & Pramadjaya, A. (2024). Sistem Pengolahan Data dan Informasi Laporan Praktikum Fisika Dasar di Laboratorium Fisika Dasar Universitas Pamulang Berbasis Website. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 249–255. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/39042