Pengaruh Faktor Financial Distress dan Audit Fee Terhadap Audit Delay

Authors

  • Adi Supriadi Universitas Pamulang
  • Jimmy Paulino Ginting Putra Universitas Pamulang

Keywords:

Financial Distress, Audit Fee, Audit Delay

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui variabel independen financial distress, audit fee terhadap variabel dependen yaitu audit delay. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan property & real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021 Financial distress berpengaruh terhadap audit delay, hal tersebut dapat terjadi apabila perusahaan yang sudah teridentifikasi memiliki keuangan yang buruk karena diluar kendali perusahaan yang bersangkutan, maka auditor perlu melakukan investigasi lebih lanjut untuk menyelidiki bukti-bukti yang mendukung serta menyebabkan keuangan perusahaan menjadi buruk. Tentu hal tersebut membutuhkan waktu lebih, dengan begitu financial distress dikatakan dapat mempengaruhi terjadinya audit delay. namun Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terbatas hanya menggunakan perusahaan Sub Sektor Property & Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam jangka waktu 5 tahun, periode 2017-2021 dari total keseluruhan jumlah perusahaan sebanyak 62 perusahaan sehingga hasil penelitian tidak dapat digeneralisasi secara umum untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia. Terbatasnya variabel-variabel yang digunakan pada penelitian ini seperti audit fee yang mengakibatkan penurunan jumlah sampel karena tidak adanya perusahaan yang mencantumkan besar audit fee di dalam laporan keuangannya. Karena penelitian ini menggunakan data sekunder sehingga analisis data sangat bergantung pada publikasi data serta laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini hanya menggunakan 2 variabel independen berupa financial distress dan audit fee, sehingga dalam penelitian ini masih sangat banyak kekurangannya.

References

Angelia, S., Mawardi, R. (2021). The Impact of Financial Distress, Corporate Governance, and Auditor Switching on Audit Delay. GATR Journal of Finance and Banking Review. 6(2) : 108-117.

Arianti, B.F. (2021). Company Size, Financial Distress And Audit Complexity Against Audit Report Lagukuran Perusahaan, Financial Distress Dan Audit Complexity Terhadap Audit Report Lag. Universitas Pamulang, Gorontalo Accounting Journal, 4(1): 41-56.

Cusyana, S.R., Apriliani, N.L. (2021). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Financial Distress Terhadap Audit Delay. Jurnal Penelitian Akuntansi. 3(1) : 243-251.

Damayanti, E. (2022). Pengaruh Audit Fee Dan Reputasi Auditor Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Energi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Krisnadwipayana. 9(2) : 771-782.

Faradista, C.S., Stiawan, H. (2022). Pengaruh Financial Distress, Laba Operasi dan Ukuran Perusahaan Terhadap Audit Delay. Jurnal Simki Economic. 5(1) : 20-32

Ismanto, J., Manda, D.L. (2018). Pengaruh Financial Distress, Pergantian Manajemen Dan Ukuran Kap Terhadap Auditor Switching. Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi. 18(2) : 205-224.

Karnawati, Y., Handayani, S. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Audit Delay. Jurnal Ekonomi: Journal of Economic. 13(1) : 20-28.

Mu’afiah, N. (2020). Pengaruh Opini Audit Dan Pergantian Auditor Terhadap Audit Delay Pada PT. Bumimas Nusantara Periode 2015-2019. Jurnal Mitra Manajemen. 4(11): 1558-1572.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R & D. Bandung Alfabeta.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Supriadi, A., & Putra, J. P. G. (2024). Pengaruh Faktor Financial Distress dan Audit Fee Terhadap Audit Delay. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 319–328. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/41949