Business Plan Coffee Shop Santri Dengan Analisa SWOT di Alwafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok

Authors

  • Chotamul Fajri Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Sairin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Suworo Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Rencana Bisnis, Analisis SWOT, Alwafi Islamic Boarding School

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Business plan Cofee Shop Santri dengan pendekatan SWOT Analysis.  Dan Untuk mengetahui manfaat keberadaan Cofee Shop Santri di lingkungan Alwafi Boarding School. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi pada lokasi penelitian di Cofee Shop Santri Alwafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok.  Analisa yang dilakukan menggunakan SWOT Analysis , sehingga dapat digunakan sebagai alternatif untuk menyusun Business Plan dalam pengembangan usaha di Cofee Shop Santri Alwafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Bisnis di era sekarang termasuk dalam kategori lebih modern menyisir semua kategori dan tempat usaha. Untuk bidang perkulineran, selain restoran-restoran kelas atas ada juga yang berskala kecil seperti kafe dan warung-warung.. Melihat peluang dan perilaku masyarakat secara umum, membuat para pelaku bisnis yang bergerak pada bidang makanan dan minuman melirik usaha coffee shop, yang berfokus pada bidang perkopian dengan mengedepankan atmosfer atau suasana yang nyaman dan homey, baik untuk pekerja maupun pelanggan Dengan kondisi saat ini kehadiran coffee shop dinilai yang paling sesuai dengan gaya hidup masyarakat perkotaan. Tidak terkecuali untuk lingkungan santri, seperti yang ada di Pondok pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Dengan adanya Santripreneur yang menjadi bagian dari merdeka belajar, Coffee Shop hadir selain untuk mengajarkan para santri berwirausaha, juga menjadi peluang bisnis yang biasanya tempat kumpul di perkotaan, diatur sesuai dengan suasana santri dengan menghadirkan sensasi kopi sehat di salah satu gerai kantin pondok pesantren.

References

Aji, N.B. (2018). Analisis SWOT Daya Saing Sekolah: Studi Kasus Di Sebuah SMA Swasta Di Kota Tangerang, Jurnal Operations Excellence. Vol.10(1):68.

Akbar, M.S., Muhammad, K., Ria, A. (2015). Analisa Strategi Pemasaran Terhadap Performance Kerja Dengan Menggunakan Metode Analisis SWOT (Studi Kasus : PT. DK). Vol.1(1):3-4.

Andrias Harefa. (2018). Berwirausaha dari Nol 10 Kiat Sukses dengan Modal Seadanya. Jakarta: Gramedia.

Feddy Rangkuti. (2015). Business Plan, Teknik Membuat Perencanaan Bisnis dan Analisis Kasus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ismail Solichin. (2017). Memahami Business Plan. Jakarta: Salemba.

Noor, S., (2014), “Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio Di Malang (Studi Kasus Pada PT. Astra International Tbk. –Daihatsu Malang)”, Jurnal INTEKNA, Vol.14(2):106.

Rokhaenisza, P.A. & Putu, N.M., (2018), “Penggunaan Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Bersaing Dalam Usaha Angkutan Barang Pada CV Putera Sarana Utama”, e- Proceeding of Management, Vol.5(1):1163-1165.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Fajri, C., Sairin, & Suworo. (2024). Business Plan Coffee Shop Santri Dengan Analisa SWOT di Alwafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 366–372. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/42061