Pelatihan Pengelolaan Sitasi dan Daftar Pustaka Dengan Menggunakan Mendeley Bagi Anggota Dialektika Institute

Authors

  • Mohammad Fajar Mediyawan Gintings Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Bambang Irawan Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang

Keywords:

Daftar Pustaka, Sitasi, Mendeley, Manajer Referensi

Abstract

Kegiatan pengabdian yang berjudul “Pelatihan Pengelolaan Sitasi dan Daftar Pustaka dengan Menggunakan bagi Anggota Dialektika Institute” merupakan hasil kerjasama Prodi Sastra Inggris Universitas Pamulang dan Dialektika Institute. Kegiatan pengabdian ini terlaksana berdasarkan hasil analisis situasi dimana anggota Dialektika Institute menghadapi dua masalah terkait dengan penggunaan aplikasi Mendeley sebagai reference manager software. Sebagaimana diketahui bahwa sitasi dan daftar pustaka merupakan aspek yang tidak boleh diabaikan dalam preses penulisan karya ilmiah. Sitasi dan penulisan daftar pustaka adalah unsur-unsur yang sangat penting dalam karya ilmiah. Mereka tidak hanya memperkuat argumen dan klaim penulis, tetapi juga membantu menjaga keterbukaan, kejujuran, dan kredibilitas dalam dunia akademik. Perkembangan teknologi memungkinakan kita untuk mengelola sitasi dan daftar pustaka dengan lebih mudah salah satunya dengan penggunaan aplikasi reference manager Mendeley. Mendeley merupakan sebuah aplikasi manajemen referensi gratis yang diluncurkan pada tahun 2008. Namun sayangnya masih banyak yang belum familiar dengan aplikasi tersebut dan bagaimana cara penggunaannya. Permasalahan tersebut juga dialami oleh anggota Dialektika Institute yang belum familiar dengan aplikasi tersebut. Paling tidak ada dua masalah utama yang dihadapi oleh mitra. Permasalahan pertama yang dihadapi mitra adalah kesulitan dalam penggunaan awal perangkat lunak Mendeley. Hal ini dikarenakan tampilan antarmuka pengguna yang kompleks atau karena kurangnya pemahaman tentang fitur-fitur yang tersedia. Permasalahan yang kedua yang dihadapi mitra adalah kesulitan dalam manajemen sitasi dan daftar pustaka Ketika menggunakan Mendeley, mitra mengalami kesulitan dalam menyusun daftar pustaka yang sesuai dengan gaya penulisan yang diinginkan, seperti APA, MLA, atau Chicago style. Untuk menyikapi permasalahan-permasalahan yang dihadapi mitra tersebut, maka tim PKM mengusulkan sebuah solusi dalam bentuk pelatihan pengelolaan sitasi dan daftar pustaka dengan menggunakan aplikasi Mendeley.

References

Ariseyawan, K., Prastiwi, L.F., Lika, E., Kiha, E.K., & Rado, B.G. (2022). Pelatihan pembuatan daftar pustaka pada karya ilmiah mahasiswa menggunakan Ms. Word dan Mendeley. Community Development Journal, 3(2), 849-855.

Arransyah, F.M., Bharata, W., Aulia, P.N., Maulidia, A., & Ismaliana, D. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley bagi mahasiswa dalam pembuatan daftar pustaka. PLAKAT, 3(1), 88-97.

Ginanjar, A. (2019). Peningkatan mutu karya tulis dosen FIS dengan menggunakan reference manager software Mendeley. Harmony, 3(2), 199–203.

Goma, E. I., Saputra, Y. W., Sandy, A. T., & Ningrum, M. V. R. (2022). Pelatihan mendeley reference dalam mengelola referensi karya tulis ilimiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan (JPM-IKP), 5(1), 1-8.

Handayani, P., Nurhayati., & Silviyani, A.S. (2022). Pelatihan penulisan sitasi dalam artikel ilmiah dengan aplikasi Mendeley pada mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta. FOKUS ABDIMAS, 1(2), 72-79.

Kasiyan, dkk. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk meningkatkan profesionalisme guru. JPPM, 3(1), 47-53.

Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F.D., & Parjono. (2017). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah (KTI) bagi guru SMA swasta di Sidoarjo. Jurnal ABDI, 2(2), 45-50.

Ngibad, K. (2020). Pelatihan Mendeley secara online bagi mahasiswa Fikes Umaha dimasa pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara, 2(1), 110-116.

Rusli., Rahman, A., Sutamrin., Ahmar, A.S., & Musa, H. (2023). Meningkatkan publikasi ilmiah melalui teknik sitasi dan penulisan referensi bagi guru SMP di Kabupaten Takalar. AARUS Jurnal Pengabdian Kepada Nasyarakat, 2(2), 30-34.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Gintings, M. F. M., & Irawan, B. (2024). Pelatihan Pengelolaan Sitasi dan Daftar Pustaka Dengan Menggunakan Mendeley Bagi Anggota Dialektika Institute. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 380–387. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/42063