Monitoring dan Evaluasi Gerakan UNPAM Peduli Lingkungan

Authors

  • Endang Suprapti Universitas Pamulang
  • Novia Susanti Universitas Pamulang
  • Suroto Universitas Pamulang

Keywords:

Gerakan Peduli Lingkungan, Penanaman Bibit Pohon

Abstract

“Gerakan Unpam Peduli Lingkungan” adalah gerakan untuk membantu program pemerintah terkait instruksi Bapak Presiden Jokowi  Senin, 14 Agustus 2023 bahwa untuk menekan tingkat polusi udara memerintahkan penambahan ruang terbuka hijau (RTH) di berbagai daerah. Hal ini dinilai penting agar tanaman bisa menyerap karbon monoksida yang keluar dari kendaraan bermotor. Tangerang Selatan mempunyai ruang terbuka hijau kurang dari 12,7%. Oleh karena itu, Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang sangat peduli dan terpanggil terhadap keadaan tersebut yaitu melakukan mitigasi dengan membagikan tanaman sebanyak 3.500 bibit pohon kepada masyarakat Tangerang Selatan. Tujuan penelitian, untuk mengetahui keberhasilan penanaman bibit pohon yang dibagikan kepada masyarakat Tangerang Selatan. Permasalahan yang dihadapi, harus dilakukan monitoring/evaluasi dan pelaporan terhadap bibit yang dibagikan tersebut. Metode penelitian menggunakan penelitian dengan pendekatan kombinasi atau Convergent Parallel Mixed Methods, yaitu metode penelitian yang menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif. Hasil penelitian berupa laporan kepada Kementerian  Ligkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jendral Bina Pengendalian DAS dan Hutan Lindung, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Citarum-Ciliwung yang berlokasi di Bogor selaku pemberi bibit pohon.

References

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

M Razif,·2019, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Prinsip Dasar dan Pemapanannya dalam Pembangunan. Penerbit Liberty. Yogyakarta.

Hartley, N. & Wood, Robbins, P. Stephen dan Coutler, M. (2016). Human Resources Management, Edisi 16, Jilid 1, Jakarta: Salemba Empat.

Prasnowo, M Adhi dkk. 2023. Membangun Ekosistem Kewirausahaan Digital Syariah Bagi UMKM di Wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat. Prapanca Jurnal Abdimas Vol 3. https://www.spektrum.stikosa-aws.ac.id/index.php/prapanca/article/view/428/232.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Suprapti, E., Susanti, N., & Suroto. (2024). Monitoring dan Evaluasi Gerakan UNPAM Peduli Lingkungan. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 388–392. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/42064