Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Komik Berbahasa Inggris di Pondok Modern Al-Ghozali – Bogor

Authors

  • Kholil Azis Universitas Pamulang
  • Sunardi Universitas Pamulang

Keywords:

Kosa Kata, Komik Berbahasa Inggris, Pengabdian

Abstract

Melihat hasil observasi terhadap para siswa-siswa yang tinggal di Pondok Moderen Al-Ghazali, Gn Sindur, Bogor, teridentifikasi bahwa kecakapan berbahasa Inggris mereka, baik lisan maupun tulisan masih kurang. Banyak permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Inggris pada mereka, antara lain minat belajar yang minim, kondisi sosial ekonomi mereka, terbatasnya ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran seperti keberadaan perpustakaan yang menyediakan buku-buku dan bahan bacaan berbahasa Inggris. Akibat minimnya minat baca dan kebiasaan membaca para siswa tersebut mengakibatkan rata rata ketrampilan berbahasa Inggris mereka sangat rendah, mereka kurang tertarik bahasa Inggris karena mereka beranggapan bahwa bahasa Inggris itu sulit, bahasa Inggris itu menakutkan, terutama memahami arti kosa kata. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah pemberian pelatihan dan pembelajaran tentang tehnik atau cara penguasaan kosa kata bahasa Inggris melalui komik berbahasa inggris, kepada siswa-siswa dan intruktur dilingkungan Pondok modern Al-Ghazali, dengan pengadaan kegiatan sebagai media pembelajaran yang bertema English Comic Reading, bagi siswa sekolah Lanjutan Tingkat atas. Para siswa didorong untuk mengekpresikan kemampuan kosa kata bahasa Inggrisnya dan sekaligus meningkatkan kosa kata bahasa Inggris melalui kegiatan English Comic Reading, dengan memberikan Pre- test lebih dahulu sebelum memberikan materi yang berupa buku cerita, kemudian diberikan post test sesudahnya untuk mengetahui perkembangan jumlah kosa kata yang dimiliki setelah membaca buku cerita. Dengan penyelenggaraan pengabdian ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa khusus kemampuan kosa kata , sehingga pada saat yang sama akan memotivasi para siswa untuk lebih semangat belajar dan belajar bahasa Inggris kejenjang yang lebih tinggi, yang pada akhirnya akan memberikan nilai tambah pada mereka ketika pada saatnya nanti mencari pekerjaan kelak. Diharapkan ilmu yang diperoleh dari kegiatan kepada masyarakat ini akan mampu memberikan spirit baru mereka menyadari bahwa bahasa inggris sangat perlu khususnya dalam dunia kerja mereka nanti sehingga mereka semakin semangat untuk belajar, belajar, dan belajar.

References

Burn, Roe and Ross. (1984). Interaction! Reading 4th Edition. New York: MC Grawhill.

Ginting. (2005). Vocabulary Exercise for Beginner. Jakarta: EDSA Mahkota.

Nurgiyantoro, (2005). Sastra Anak, Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogjakarta: Gajah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogjakarta: Gajah Mada University Press.

Rosenthal. (2007). Early Childhood Experiences in Language Art Literacy (10th ed). Wadsworth College Learning

Spiro (2005). The Impact of Storybook Type on Kindergarteners’ Storybook Comprehension. Early Child Development and Care. Available at http//:dx.1080/01443410.2016.1188297.

Suwandi. (1990). Peran cerita dalam pembentukan perekembangan anak TK. Jakarta: Depdiknas

Tampubolon. (1993). Kosa Kata Bahasa Inggris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, (2011). Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tompkins. (1991). Incidental Vocabulary acquisition From Listening to Stories: A Comparison between Read-aloud and Free Storytelling Approaches. Educational Psychology, 1-21. Available at http//:doi.org/10.1080/01443410.2017.1363377.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Azis, K., & Sunardi. (2024). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Komik Berbahasa Inggris di Pondok Modern Al-Ghozali – Bogor. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 401–406. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/42066