Perencanaan Strategi Marketing Public Relations Pariwisata Kabupaten Agam Untuk Mempromosikan Kabupaten Agam Sumatera Barat

Authors

  • Putra Haqiqi Universitas Pamulang
  • Astri Octaviani Universitas Pamulang
  • Sandra Olifia unirsitas Pamulang

Keywords:

Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Pariwisata, Event, Strategi Marketing Public Relations

Abstract

Kabupaten Agam merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak kebudayaan dan keindahan wisata alam yang masih sangat indah, namun sayangnya fasilitas dan akses menuju tempat wisata tersebut masih sedikit menyulitkan untuk wisatawan datang ke tempat wisata tersebut sehingga membuat wisatawan khususnya remaja kurang mempunyai daya tarik untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Perencanaan Strategi Marketing Public Relations ini dibuat berdasarkan nine steps of strategic Public Relations milik Ronald D. Smith yang meliputi 4 fase yaitu formative research, strategy, tactics, dan evaluation. Perencanaan ini akan berfokus pada mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Agam kepada wisatawan khususnya kalangan remaja. Hasil yang diharapkan dalam perencanaan strategic Marketing Public Relations melalui program ini adalah agar masyarakat terutama remaja di Kabupaten Agam Sumatera Barat dapat mengunjungi destinasi wisata dan mempromosikan destinasi wisata dan kebudayaan tersebut yang ada di Kabupaten Agam dan sekitarnya kepada masyarakat lokal maupun mancanegara.

References

Book

Nasrullah. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama.

Natoradjo. (2011). Event Organizing : Dasar - dasar Event management. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Ruslan, R. (2010). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ruslan, R. (2014). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations. Yogyakarta: PT Raja Grafindo.

Ruslan. (2014). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali pers.

Sari, A. (2017). Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktik. Deepublish.

Silviani, MSP, D. (2020). Tujuan Public Relations. In D. Silviani, MSP, Public Relations Sebagai Solusi Komunikasi Krisis (pp. 34-35). Surabaya: PT. Scopindo Media Pustaka.

Smith, R. (2020). Strategic Planning for Public Relations. Jakarta: Rajagrafindo.

Artikel dari website dengan nama penulis

Agusta, H. (2021, Januari 19). Antara News. Retrieved from sumbar.antaranews: https://sumbar.antaranews.com/berita/410856/kunjungan-wisatawan-ke-agam-berkurang-111401-orang-selama-2020

Ananda, B., & Taher, A. (2018). Strategi Public Relations Dalam Promosi Wisata Islami Studi Deskriptif Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh. Jurnal Universitas Syiah Kuala, Volume 3, No.4.

Anggraeni, I. (2016). Strategi Marketing Public Relations Dalam Festival Jajanan Bango Studi Kasus PT. Unilever di Sidoarjo. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, Volume 2, No.2.

Anggun, T. G. (2016, Desember 05). Sumbar Prov. Retrieved from Sumbarprov.go.id: https://sumbarprov.go.id/home/news/9397-kebudayaan-sumatra-barat

Ardianto, E. (2018). Metedologi Penelitian Public Relations. Bandung: Simbiosa.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat. (2021). Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat. Retrieved from Sumbar.bps.go.id: https://sumbar.bps.go.id/

Devian, V. (2022, Mei 11). Harian Haluan. Retrieved from https://www.harianhaluan.com/news/pr-103374435/objek-wisata-dan-tingkat-hunian-homestay-di-agam-sumbar-kembali-diserbu-wisatawan-selama-libur-lebaran

Dinas Komunikasi dan Informatika. (2022, Januari 20). Pemerintah Kabupaten Agam . Retrieved from Agamkab.go.id: https://agamkab.go.id/Agamkab/detailberita/8480/danlantamal-ii-padang-dukung-pengembangan-wisata-di-kabupaten-agam.html

Dinas Pariwisata Kabupaten Agam. (2019, Januari). Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( LAKIP ) dar. Retrieved from Dinas Pariwisata Kabupaten Agam: file:///C:/Users/syifa/Downloads/dip_lakip-dinas-parpora-agam-2018_1570425880%20(2).pdf

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam. (n.d.). Objek Wisata. Retrieved from Dinas Pariwisata pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam: https://disparpora.agamkab.go.id/wisata/alam/objek-wisata-kelok-441601607545.html

Effendy, O. (1993). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Elvira. (2019, Maret 20). Info Publik. Retrieved from Infopublik.id: https://infopublik.id/kategori/nusantara/335322/4-sektor-jadi-prioritas-pembangunan-kabupaten-agam?video=

Grunig, J. (2017). Teori Public Relations. In R. Kriyantono, Ph.D., Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal (p. 22). Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Haque-Fawzi, S.H., M.Hum, D. G., Iskandar, SE., MM, D. S., Erlangga, S.Sos., M.Pd, D., Dr. Ir. H. Nurjaya., SE., MM, & Sunarsi, S.Pd., M.M. Cht, D. (2021). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. In Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi (p. 62). Jakarta: Pascal Books.

Jurnal Sumbar. (2022, 07 21). Jurnal Sumbar. Retrieved from https://jurnalsumbar.com/2022/07/tingkatkan-pariwisata-maninjau-gubernur-sumbar-siap-bangun-jalan-alternatif-sungai-batang-malalak/.

Kemenparekraf. (n.d.). Pesona Indonesia. Retrieved from Kemenparekraf.go.id: https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/kamang_mudiak

Kotler, P. (1998). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: Prehallindo.

Kotler, P. d. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Lengkong, S. L., Sondakh, M., & Londa, J. W. (2017). Strategi Public Relations Dalam Pemulihan Citra Perusahaan Studi Kasus Rumah Makan Kawan Baru Megamas Manado. Acta Diurna, Volume VI. No.1.

Lestari, E. D. (n.d.). Pariwisata Sumatera Barat. Retrieved from Indonesia Kaya: https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/danau-maninjau-danau-legendaris-di-jantung-agam/

Manogari, R. R., & Zia, U. K. (2018). Strategi Marketing Public Relations Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes Dalam Mempromosikan Objek WIsata Mangrove Pandansari. Journal Moestopo, Volume 17, No.2.

Marlinda, D. (2020, Oktober 02). Sumbar Prov. Retrieved from sumbarprov.go.id: https://sumbarprov.go.id/home/news/19552-perkembangan-pariwisata-dan-transportasi-sumatera-barat-agustus-2020.html

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Haqiqi, P., Octaviani, A., & Olifia, S. (2024). Perencanaan Strategi Marketing Public Relations Pariwisata Kabupaten Agam Untuk Mempromosikan Kabupaten Agam Sumatera Barat. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 407–415. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/42067