Edukasi Pengenalan Investasi Keuangan Pada Siswa-Siswi Madrasah Tsanawiyah di Pesantren Al-Hanif Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Cristine Prestarika Lukito Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Hasanudin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Pengenalan Investasi, Investasi Keuangan

Abstract

Tujuan pelaksanaan PKM ini adalah memberikan pengetahuan dan edukasi kepada masyarakat khususnya siswa-siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Hanif Kota Tangerang Selatan untuk mengetahui tentang pengenalan investasi. Tujuan utamanya yaitu memberikan pemahaman, pengarahan dan pengetahuan kepada peserta mengenai pentingnya jenis-jenis investasi ditengah era teknologi yang serba digitalisasi. Investasi adalah tindakan atau proses mengalokasikan sejumlah sumber daya, seperti uang, waktu, atau usaha, ke dalam suatu aset atau proyek dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan. Tujuan utama dari investasi adalah untuk menghasilkan imbal hasil atau pendapatan yang lebih besar dari jumlah sumber daya yang diinvestasikan. Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman dalam pengenalan investasi dan macam-macam jenis instrument investasi yang tersedia. Metode pelaksanaan dan pendampingan kepada siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah di Pesantren Al-Hanif Kota Tangerang Selatan. Tim pelaksana melakukan kegiatan pemberian materi dalam pengenalan investasi keuangan pada siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah di Pesantren Al-Hanif Kota Tangerang Selatan. Berdasar dari identifikasi awal ini maka pemberian pengetahuan dan pemahaman tentang pengenalan investasi keuangan dengan adanya pengetahuan tersebut diharapkan mampu mencoba dalam berinvestasi di kehidupan sehari-hari agar memberikan manfaat dan keuntungan di masa yang akan datang.

References

Dirman, A., Hakim, A., Setiany, E. (2022). Edukasi dan Pengenalan Investasi Untuk Pelajar Sebagai Investor Pemula di SMK Al-Ihsan Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Terintegrasi. 1(2). Hal. 73-77.

Febriana, H., Irnawati, J., & Suryanto., W. (2023). Pengenalan Investasi dan Pasar Modal di SMK Dharma Karya Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(2). Hal. 325-330.

https://www.bcalife.co.id/info/tahapan-kehidupan/masa-lajang/masa-depan-aman-5-tips-investasi-untuk-pemula-agar-cuan.

https://www.cnbcindonesia.com/market/20230810163535-17-461956/investor-gen-z-dominasi-pasar-modal-komposisi-nyaris-60

Primasari, N.V., & Ghofirin, M. (2022). Pengenalan dan Pelatihan Investasi Saham dengan Modal Minimal untuk Kesiapan Kemandirian Financial Masyarakat. 2(2). Hal. 81-89.

Septiani, D., Martono, A., Ferdiansyah., & Karlina, L. (2020). Pengenalan Manajemen Investasi Dan Pasar Modal Bagi Siswa/I dan Guru Akuntansi SMK Bintang Nusantara. Jurnal Keuangan umum dan Akuntansi Terapan. 2(1). Hal. 58-63.

Solatiah, B., & Yakub, M. (2023). Pengenalan Pasar Modal Sebagai Salah Satu Bentuk Investasi Bagi Civitas Akademika UNU NTB. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(1). Hal. 35-38.

Zulpahmi, Sumardi., & Setiawan, E. (2023). Penguatan Literasi Keuangan pada Siswa SMA Assa’adah. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia. 4(1). Hal. 104-108.

Downloads

Published

2024-07-17

How to Cite

Lukito, C. P., & Hasanudin. (2024). Edukasi Pengenalan Investasi Keuangan Pada Siswa-Siswi Madrasah Tsanawiyah di Pesantren Al-Hanif Kota Tangerang Selatan. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 505–509. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/42116