Pengaruh Pemberlakuan Sistem Poin Pelanggaran Terhadap Kedisiplinan Siswa/Siswi SMK 59 Jakarta Selatan
Keywords:
Pelanggaran, Disiplin, SMKAbstract
Sekolah menjadi sarana untuk menumbuhkan karakter disiplin bagi siswa/siswi. Pembentukan karakter siswa/siswi menjadi bertanggung jawab dan disiplin tentu menjadi perhatian lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberlakuan point pelanggaran di SMK 59 Jakarta Selatan. SMK 59 Jakarta Selatan menerapkan point pelanggaran untuk meningkatkan kedisiplinan siswa/siswi SMK 59 Jakarta Selatan. Point pelanggarann tersebut tentunya berdasarkan kesepakatan bersama antara pihak sekolah dengan orang tua siswa/siswi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini, pengaruh point pelanggaran memiliki dampak yang signifikan kepada siswa/siswi SMK 59 Jakarta Selatan dan memotivasi mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, menumbuhkan rasa tanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari.
References
Hurlock.E. (2017). Perkembangan anak (Jakarta: Erlangga).
Kristian.A. (2022). Penerapan Sistem Point Pelanggaran Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 5 Tana Toraja. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.
Nellitawati & Maulana.V. (2020). Pembinaan Disiplin Siswa Pada Sekolah Menengah Kejuruan. SHOULID: Indonesian Journal of School Counseling 5(1).
Putri.K.A.R.(2020). Pengaruh Pemberlakuan Point Pelanggaran Terhadap Kedisiplinan Siswa di SMK Labor Pekanbaru. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Islam Riau.
SMKN 59 Jakarta. https://www.smkn59jkt.sch.id/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nanik Ida Rosini, ST Mahmud Syaukat H
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.