PERSINDIS: Perancangan Sistem Informasi Untuk Menunjang Masyarakat Mandiri di Wilayah Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor

Authors

  • Dwi Susanto Program Studi Informatika, STIKOM El Rahma
  • Bagus Wahyu Pandhito Program Studi Informatika, STIKOM El Rahma
  • Helmi Yoga Program Studi Informatika, STIKOM El Rahma

Keywords:

PERSINDIS, Sistem Informasi, Kemandirian Ekonomi, Peluang Kerja, Konsultasi Online

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem informasi yang diberi nama "PERSINDIS" (Perancangan Sistem Informasi untuk Menunjang Masyarakat Mandiri) di wilayah Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor. Tujuan dari PERSINDIS adalah untuk memberikan akses yang mudah dan terpadu kepada masyarakat dalam mendapatkan informasi dan sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi mereka. Sistem informasi ini akan dirancang sebagai platform berbasis web yang menyediakan informasi tentang peluang kerja, pelatihan keterampilan, bantuan usaha, dan sumber daya lainnya yang relevan. Selain itu, PERSINDIS akan menyediakan fitur-fitur interaktif seperti forum diskusi dan konsultasi online untuk memfasilitasi pertukaran informasi antar anggota masyarakat. Diharapkan bahwa PERSINDIS akan memberikan dampak positif dengan mempermudah akses masyarakat terhadap informasi yang mereka butuhkan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

References

Mulyono, B. (2018). "Peran Sistem Informasi dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat". Jurnal Manajemen Bisnis, 10(3), 120-135.

Pratama, R. A. (2020). Desain Sistem Informasi: Pendekatan Praktis untuk Pengembangan Sistem yang Efektif. Yogyakarta: Penerbit Andi. Halaman: 80-95.

Rahardjo, A. W., & Setiawan, D. (2016). "Analisis Efektivitas Sistem Informasi dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat". Jurnal Administrasi Bisnis, 5(1), 30-42.

Simanjuntak, T. B. (2019). Pengantar Sistem Informasi Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Halaman: 110-125.

Siregar, S. (2020). "Pengaruh Implementasi Sistem Informasi Terhadap Kemandirian Masyarakat Desa". Jurnal Teknologi Informasi, 15(2), 78-92.

Soegiono, A. (2018). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Halaman: 150-165.

Suharyanto, H. (2016). Manajemen Proyek Teknologi Informasi. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo. Halaman: 130-145.

Utomo, R. H., & Prasetyo, B. (2017). "Penggunaan Sistem Informasi oleh Masyarakat Pedesaan: Studi Kasus di Desa ABC". Jurnal Sistem Informasi, 6(2), 65-78.

Wijaya, Agus. (2019). Adobe Illustrator: Panduan Praktis untuk Desain Grafis Profesional. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Wijaya, B., & Santoso, A. (2019). "Analisis Literasi Digital Masyarakat dalam Menggunakan Sistem Informasi". Jurnal Ilmu Komputer, 8(1), 45-57.

Wirawan, I. P. A. (2017). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi. Bandung: Informatika. Halaman: 220-235.

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Susanto, D., Pandhito, B. W., & Yoga, H. (2024). PERSINDIS: Perancangan Sistem Informasi Untuk Menunjang Masyarakat Mandiri di Wilayah Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 559–563. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/42179