Penggunaan Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Bahasa Inggris Siswa SDN Cirendeu 02

Authors

  • Ismi Adinda Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Erni Susianti Nainggolan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Muhammad Nurhadi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang

Keywords:

Flash Card, Kosa Kata Bahasa Inggris, Media Pembelajaran, Konstruktif, Kolaboratif

Abstract

Tujuan PkM ini adalah untuk meningkatkan penguasaan Vocabulary bahasa Inggris tentang Verb/ Expression menggunakan media flash card. Kegiatan PKM ini dilaksanakan di SDN Cirendeu 02 selama tiga hari, yaitu pada tanggal 24 hingga 26 April 2024. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengajarkan dan memperkenalkan kosakata atau vocabulary tentang verb bahasa Inggris. Materi tersebut sangatlah penting untuk diajarkan di sek0lah dasar negeri 02 karena di era gl0balisasi, di segala aspek, berbagai media, tempat atau l0kasi telah mengunakan bahasa Inggris yang penting untuk dimengerti 0leh siswa- siswi SD agar tidak ketinggalan zaman. Karena keterampilan kosakata merupakan salah satu ciri kebahasaan yang mempengaruhi kompetensi komunikasi yang banyak menggunakan istilah- istilah dalam bahasa Inggris. Namun dalam observasi, kami menemukan bahwa mereka tidak mengetahui dan tidak diajarkan kata- kata yang cukup, dan juga tidak adanya guru bahasa Inggris di SDN 02 Cirendeu dan juga pembelajaran v0cabulary bahasa Inggris baik dalam pengucapan, penghafalan dan penulisan. Maka dari itu pengajaran v0cabulary bahasa Inggris tentang kata kerja harus diajarkan dengan metode yang menarik, menyenangkan dan tepat agar dapat dipahami dan memudahkan siswa dalam pembelajaran vcabulary. Pengajaran bahasa Inggris tentang v0cabulary perlu mengunakan metode- metode yang tepat untuk diterapkan di sekolah. Agar siswa tidak merasa bosan ketika mempelajari bahasa Inggris, maka guru dituntut untuk melakukan pembelajaran yang kreatif. Salah satunya menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat yang berfungsi untuk menyampai informasi pelajaran kepada peserta didik dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Salah satu media pembelajaran ialah menggunakan media Flash Card. Flash Card ialah salah satu media pembelajaran berbasis visual yang berbentuk gambar,teks, tanda atau simbol dalam kartu yang ukurannya bisa disesuaikan dengan besar kecilnya kelas. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan Flash Card dan cara penggunaannya untuk meningkatkan kosa kata bahasa Inggris. Kegiatan inti yaitu eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Target luaran yang dicapai ialah siswa memahami tentang flash cards, mampu menerapkan permainan flash card di dalam ruang kelas dan dapat membuat hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan pengamatan selama kegiatan, pembelajaran kosa kata bahasa Inggris menggunakan media flash card memberikan dampak yang positif yaitu siswa merasa antusias ketika melihat flash card yang diberikan dan mengalami peningkatan pemahaman kosa kata bahasa Inggris. Dengan demikian pengabdian masyarakat di SDN 02 Cirendeu berjalan dengan baik. Teknik yang digunakan pada PKM ini adalah wawancara, observasi dan quiz dan dengan metode pembelajaran konstrktif dan kolaboratif.

References

Apriono, D. (2013). Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan untuk membangun kebersamaan dan keterampilan. Diklus, 17(1).

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dimyati, dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hammer, V A .2001. The Influence Of Interaction On Active Learning, Learning Outcomes And Community Bonding in an Online Technology Course. Disertation: University Of Cincinnati.

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI AR-Rochman Semarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4 (1): 10–19.

Isah Cahyani. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Kagan, S & Kagan, L. 2000. Cooperative Learning Course Workbook. San Clemente: Kagan Publishing.

Kagan, S & Kagan, M. 2009. Kagan Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing.

Kamtinia, dkk. (2005): Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-kanak. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

Kasihani K.E. & Suyanto. (2015). English for Young Learners: Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, Asyik, dan Menarik. Jakarta : Bumi Aksara.

Kristiana, V,. Ngadiso., Sujoko. 2012. The Effectiveness Of Fan-N-Pick Method In Teaching Reading Comprehension Viewed From Student’s Self-Confidensce. Journal English Teaching. 1 (1): 121-131.

Latif, dkk. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lie, A. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo.

Muhamad Zuhal, A.W.(2019). Membangun Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Kegiatan Bermain Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 2(1), 136- 160.

Noorlaila, Iva. (2010). Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Nurwidawati, Aprilia. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67078, 14 April 2020.

Safitri, R. W. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional Untuk Kelas IV Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1).

Suartini, dkk. 2016. Penerapan Metode Bermain Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia di Tk Negeri Desa Tigawasa. (Volume 4. No. 2 - Tahun 2016).

Susilana, R. & Riyana, C. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Susilana, R. dan Riyana,C. (2009). Media pembelajaran. Bandung : CV Wacana.

Ulfadhilah, K. (2021). Model Pembelajaran Konstriktivisme dan Implementasinya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Islamic Edukids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-13.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Adinda, I., Nainggolan, E. S., & Nurhadi, M. (2024). Penggunaan Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Bahasa Inggris Siswa SDN Cirendeu 02. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 644–650. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/42230