Menulis Teks Puisi dan Lirik Lagu Berbahasa Inggris di SMPN 23 Tangerang Selatan

Authors

  • Eka Margianti Sagimin Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Shinta Aziez Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Nilna Syafa Al Muktafi Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Windy Tri Mawati Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Naila Raihanda Putri Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Esra Naftalia Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Aulyra Rachma Putri Fakultas Sastra, Universitas Pamulang

Keywords:

Menulis Kreatif, Teks Lirik Puisi dan Lagu, Karya Sastra

Abstract

Di era yang serba digital ini dengan segala arus informasi yang dengan mudah menarik atensi seseorang, semakin banyak remaja yang kehilangan minat dalam ekspresi diri melalui tulisan kreatif seperti puisi dan lirik lagu. Padahal, kemampuan dalam tulisan kreatif seperti puisi dan lirik lagu tidak hanya sebagai bentuk ekspresi diri untuk menunjukan perasaan, pengalaman, atau bahkan emosional mereka, tetapi juga dapat meningkatkan keterampilan berbahasa dan juga sebagai wadah untuk menampung kreativitas remaja. Ditambah dengan rendahnya tingkat literasi juga mempengaruhi minat dan kemampuan mereka dalam beberapa kegiatan yang melibatkan aspek bahasa, tentunya hal ini akan menghasilkan semakin jauhnya jangkauan mereka terhadap karya sastra yang dalam hal ini merupakan puisi. Tak hanya itu, rendahnya minat baca atau tulis remaja terhadap karya sastra ini juga dikarenakan oleh pemikiran bahwa mereka tak memiliki nilai estetika sehingga mereka merasa tidak perlu membuang waktu dengan membaca atau menuliskan puisi atau lirik lagu. Hal ini tentunya harus diluruskan, karena puisi adalah bentuk seni yang merujuk pada sesuatu yang dipengaruhi oleh pandangan pribadi, perasaan atau opini seseorang. Sehingga, apresiasi terhadap puisi juga dapat bervariasi tergantung individu masing masing. Seperti contohnya pengalaman seseorang dapat menjadi acuan untuk pemahaman puisi tersebut.

References

Asri, A., Daeng, K., & Fitri, S. (2019). Pelatihan cipta dan baca puisi Makassar bagi guru Bahasa Daerah Makassar di Kabupaten Takalar. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (No. 2).

Fitri, S. (2017, Februari). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share (Berpikir, Berpasangan, Dan Berbagi) Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Bulukumba. Jurnal Retorika, Volume 10, Nomor 1,, 1-17.

Fradita, T. E. (2016, Oktober 3). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Metode Pembelajaran Outdoor Pada Siswa Kelas Vii F Smp N 1 Teras.

Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Sekolah Dasar, 26(2), 116-123.

Layanan Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (n.d.). Ditjen Dikti. Retrieved June 15, 2024, from https://dikti.kemdikbud.go.id/layanan-direktorat-riset-teknologi-dan-pengabdian-kepada-masyarakat/

Sianipar, V. M. B., Sitorus, P. J., & Hutabarat, S. (2024). Hubungan Kepercayaan Diri Terhadap Pementasan Drama. Jurnal Darma Agung, 32(2), 792-801.

Suyanto, S. (2013). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Kerjasama Sekolah dan Universitas. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijaya, Y. (2016). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Akademis Siswa. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Sagimin, E. M., Aziez, S., Muktafi, N. S. A., Mawati, W. T., Putri, N. R., Naftalia, E., & Putri, A. R. (2024). Menulis Teks Puisi dan Lirik Lagu Berbahasa Inggris di SMPN 23 Tangerang Selatan. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 651–660. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/42586