Digitalisasi Pemasaran Melalui Media Sosial Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Pada Pelaku UMKM Perumahan Pamulang Estate Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Andri Priadi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Jakariah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Pemasaran Digital, Media Sosial, Marketing, UMKM

Abstract

Pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM)dalam area industri rumah tangga yang telah banyak dan berkembang khsususnya di lingkungan Perumahan Pamulang Estate Kota Tangerang Selatan. Hal ini juga memberikan kontribusi baik dalam usaha terlebih disaat kondisi paska pandemi saat ini. Sebagai pelaku usaha bisnis tentunya para wirausaha ingin selalu mencapai keuntungan di setiap produk yang dihasilkan. Hal tersebut harus disesuaikan dengan tuntutan perubahan era 4.0 saat ini yang mengedepankan digitalisasi salah satu nya melalui pemasaran pada sosial media. Bagaimana pemasaran produk dilakukan secara sederhana dengan sosial media tetapi mendapatkan keuntungan yang maksimal di setiap usaha dan produk nya dan dapat meminimalisir biaya pengeluaran dalam promosi produk. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pentingnya sosial media marketing sebagai upaya meningkatkan pendapatan para pelaku bisnis dalam hal ini UMKM perumahan Pamulang Estate Tangerang Selatan. Tahapan pelaksanaan dimulai dari memberikan pengetahuan tentang pentingnya penerapan digitalisasi pemasaran, pengenalan sosial media marketing sampai praktik penggunaan sosial media marketing dan media promosi.

References

Ginanjar, A., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan digital marketing pada UMKM sebagai penunjang kegiatan promosi dan pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2). https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981.

Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3(2), 77. https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p77-85

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129

Rara, D. H. M. (2022). Media Sosial Sebagai Alternatif Penjualan Pengusaha Kain Jumputan Sutra Ditengah Pandemi Covid-19. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.38043/parta.v2i1.3171

Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah, I., Susilawati, & Sofyan, I. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 137–142.

Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366

Susanti, E. (2020). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13.

Tabrani, M., Apriliah, W., Ardiansyah, D., & Ermawati, E. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Peningkatan Branding Yayasan Rumah Harapan Karawang. 1(1), 16–22.

Widia, E. (2021). Diseminasi Penggunaan Sosial Media dalam Perluasan Sebaran Pemasaran pada Produk UMKM. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 99–114. https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.5234.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Priadi, A., & Jakariah. (2024). Digitalisasi Pemasaran Melalui Media Sosial Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Pada Pelaku UMKM Perumahan Pamulang Estate Kota Tangerang Selatan. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 724–728. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/42603