Brand Image dan Eksistensi Produk Teh Botol Sosro (Kajian Teoritik Konsep Branding dan Eksistensi Produk)

Authors

  • Rifky Maulana Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Pamulang
  • Diah Tri Andini Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Pamulang
  • Afni Yoana Tjayani Gusma Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Pamulang

Keywords:

Konsep, Branding, Pemasaran, Produk, Differensiasi, Ekuitas

Abstract

Persaingan ddalam dunia industry tidak mengakomodir stagnasi produk dan brand. Mereka yang tidak peka dengan perubahan dan tantangan pasar akan terlindas oleh competitor. Diperlukan upaya menyeluruh dan terus menerus untuk mempertahnakan brand. Eksistensi produk ditopang dengan adanya differensiasi sebegai jawaban pemenuhan eksektasi pasar. Konsumen memiliki hak sepenuhnya untuk menentukan pilihan produk ditengah ketatnya persaingan antar produk. Proses branding dan eksistensi produk memberikan jawaban dari tantangan setiap perubahan dalam bidang pemasaran. Strategi branding berupaya menempatkan produk pada posisi bersaing kompetitif dengan produk lain. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif untuk menggali informasi terkait konsep brand dan differensiasi produk. Membangun brand dapat dilakukan dengan “membangun” kepercayaan publik secara massif dan kontinyu atau dengan “meminjam” atau melekatkan dengan brand yang sudah lebih mapan. Akan tetapi perubahan mindset pelaku usaha dalam memperlakukan brand menjadi kata kunci utama yakni menempatkan brand sebagai asset. Selanjutnya mempertahankan ekuitas brand berada dalam skala atas merupakan prioritas. Menempatkan brand pada posisi disukai dan dibutuhkan oleh konsumen dapat dilakukan dengan membangun nilai-nilai positive brand serta mengevaluasi ekspektasi konsumen. Membangun kompetensi untuk memenangkan persaingan dengan competitor memerlukan “market plan” yang terukur. Differensiansi produk dalam packaging sesuai dengan segmentasi pasar, varian (rasa) yang ditawarkan sampai dengan penempatan produk sesuai dengan segmentasi harus dilakukan dengan cermat dan penuh perhitungan.

References

Hidayat, A. (2012). Penelitian kualitatif (metode): Penjelasan lengkap. Retrieved from Statiskitian website: https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kualitatif.html

Hurlock, E. B. (2008). Psikologi perkembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen pemasaran (Jilid 1, Edisi ke-13, Bob Sabran, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management. New York, NY: Prentice Hall.

Kuntari, M. T. (2007). Penelitian kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibawa, & Telagawathi. (2022). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap pembelian Teh Botol Sosro pada konsumen di Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Manajemen, 8. Universitas Pendidikan Ganesha.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Maulana, R., Andini, D. T., & Gusma, A. Y. T. (2024). Brand Image dan Eksistensi Produk Teh Botol Sosro (Kajian Teoritik Konsep Branding dan Eksistensi Produk). PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 729–738. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/42671