Menciptakan Kualitas Pelayanan Dan Promosi Untuk Kepuasan Konsumen Pada Ramayana Parung

Authors

  • Melvin Zakri Universitas Pamulang
  • Ivantan Universitas Pamulang
  • Purwanti Universitas Pamulang

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan konsumendi Ramayana Parung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling, metode pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis data menggunakan analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan (X1) dan Promosi (X2) berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen (Y) dengan persamaan regresi Y = 6,686 + 0,088X1 + 0,352X2. Koefisien determinasi berpengaruh secara simultan 41,8%. Uji hopotesis secara parsial diperoleh angka kualitas pelayanan sebesar thitung > ttabel atau (4,829 > 1,984). Maka H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara variabel independen yaitu Kualitas Pelayanan (X1) terhadap Kepuasan Konsumen (Y).  Promosi sebesar thitung > ttabel atau (8,407 > 1,984). Maka H0 ditolak dan H2 diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel independen Promosi (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau (36,551 > 2,700). Maka H0 ditolak dan H3 diterima, artinya Kualitas Pelayanan (X1) dan Promosi (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen (Y).

References

Alimin Erina, Eddy, Diana Afriani, Nendy Pratama Agusfianto, Yusi Faizathul Octavia, Titiek Mulyaningsih, Satriawan, Siti Yulianah M. Yusuf, Rudy Irwan- syah, Agustinus Moonti, Adiek Astika Clara Sudarni, Budiani Fitria Endrawati, Suhadarliyah, Armiani, Sri Umiatun Andayani, Melkianus Albin Tabun (2022). Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern). Lombok Barat: Seval

Pramana Cipta, Olyvia Rrimasse, Angka Utama, Gustian Djuanda, Restia Christianty, Nasfi, I Gede Bayu Wijaya, Fitra Syafaat, Silifiena Siahainenia, Muslikun Mashadi, Ashriady (2021). Dasar Ilmu Manajemen. Bandung: Cv. Media Sains Indonesia

Siswanto, Bedjo (2021). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet

Amalina, S. Z., Hartono, S., & Damayanti, R. (2020). Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere Dan Promosi Di Rumah Makan Pondok Jowi Solo. Edunomika, 4, 527-533.

Efendi, N., & Lubis, T. W. H. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Ritel. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 12(1), 21-36.

Hanum, F., Purnama, N. I., & Harahap, S. H. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Promosi Grab Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Universitras Muhammadiyah Sumatera Utara Yang Menggunakan Grab. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(3), 528-537.

Hariyanto, A., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Motor Honda Beat. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 91-98.

Hendarti, Y., & Prasetyaningrum, N. E. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Hello Barbershop Di Karanganyar). Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1), 388-396.

Nurjaya, N., Erlangga, H., Iskandar, A. S., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 147-153.

Rodli, A. F., & Khalimah, S. (2021). Analisis Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga, Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Tanaman Hias Di “Pasar Puspa Agro Sidoarjo. Iqtishadequity Jurnal Manajemen, 3(2), 303-315.

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114-126.

Uchiara, W., Sari, G. N., & Djuliati, D. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Global Jet Express Cabang Sawangan, Depok. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(2).

Umami, R., & Sumartik, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Warsu Coffe Cafe. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 15(2), 250-257.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Melvin Zakri, Ivantan, & Purwanti. (2025). Menciptakan Kualitas Pelayanan Dan Promosi Untuk Kepuasan Konsumen Pada Ramayana Parung. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 166–180. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/47392