Membangun Pelayanan Publik Yang Inovatif Dan Efisiensi Di Era Digital Untuk Mewujudkan Clean And Clear Good Governance

Authors

  • Elvira Universitas Pamulang
  • Samuel Soewita Universitas Pamulang
  • Belly Isnaeni Universitas Pamulang

Keywords:

pelayanan publik, era digital, good governance

Abstract

Agar dapat melayani konstituen mereka dengan lebih baik, pemerintah negara bagian dan federal semakin beralih ke e-government, atau pemerintahan elektronik, yang memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) secara ekstensif. Tak bisa dipungkiri dengan berkembangnya kemajuan pesat pada bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi tetap saja ada beberapa pemerintah daerah yang belum dapat maksimal dalam memberikan pelayanan publik yang berbasis digital sehingga manfaatnya belum dapat dirasakan oleh masyarakat, bahkan sebagian masyarakat menilai dengan pelayanan berbasis digital justru mempersulit mereka. Hasil pemetaan di Kabupaten sukabumi, Jawa Barat didapati masih rendahnya tingkatnya pemahaman masyarakatnya terkait pelayanan publik yang telah mulai berbasis teknologi dan informssi (digital), hal ini terjadi dikarenakan faktor-faktor antara lain karena kurang memahami pentingnyabmemiliki keterampilan teknologi dan informasi (digital), pendidikan yang masih rendah, kemampuan yang masih renadah dan sosialisasi yang kurang memadai dari afdanya kebijakan sistim pelayanan yang berbasis teknologi dan informasi (digital). Kegiatan Pengabdian Masyarkat ini diselenggarkan melalui metode penyuluhanyang dilakukan dengan cara Ceramah dan Diskusi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada tanggal 2 sampai denagn 3 November 2024 berasaran Kegiatan Pengabdian tempat di Kabupaten Sukabumi. Materi yang akan disampaikan pada penyuluhan adalah sebagai berikut : 1). Pengertian dan Jenis-jenis Pelayanan Publik, 2).Manfaat pelayan Publik Berbasis Teknologi dan Informasi (Digital), 3). Prosedur pelayanan Publik Berbasis Teknologi dan Informasi (Digital),4). Dilanjutkan dengan Sesi Tanya-Jawab. Sasaran penyuluhan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Sukabumi: 1). Masyarakat Umum, 2). Tokoh Masyarakat dan Agama, 3). kader PKK dan Karang Taruna, 4) Pelajar dan mahasiswa. Setelah dilakukan Penyuluhan melalui Kegiatan pengabdian Masyarakat ini diharapkan: 10. Meningkatnya kesadaran Masyarakat di kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengenai peningnya pemahaman tentang pelayanan publik berbasis teknologi dan informasi (Digital), 2). Meningkatnya tingkat kemampuan masyarakat dalam proses layanan berbasis teknologi dan informasi (digital), 3). Memperkuat Sumber daya manusia (SDM) di kabupaten Sukabumi dalam meningkatkan pemberian layanan publik berbasis digital kepada masyarakat setempat.

References

Agus Rahardjo. (2023). Transformasi Digital Pelayanan Publik: Menuju Era Baru Pelayanan Publik yang Lebih Baik. Pustaka LP3 FEB UI.

Asep Saeful Rahmat & Nenden Rika Sari. (2021). Tantangan dan Strategi Implementasi Transformasi Digital Pelayanan Publik di Indonesia. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 12, No. 2.

Bazarah, Jamil, dkk (2021) Konsep Pelayanan Publik di Indonesia ( Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia ). Jurnal Dedikasi, Volume 22, No.2 Desember 2021

Evi Dwi Astuti & Riris Retno Wati. (2020). Peran Teknologi Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 11, No. 2.

Eko Prasetyo & Muhammad Nurul Arifin. (2021). Transformasi Digital dan Pelayanan Publik: Menuju Tata Kelola Pemerintahan yang Baik. Penerbit Pustaka LP3 FEB UI.

I Nyoman Trisantosa, Dewi Kurniasih, & Musa Hubeis. (2022). Pelayanan Publik Berbasis Digital: Konsep, Implementasi, dan Tantangan. CV Pustaka Cendekia Utama.

Li, J., Dai, Y., Wang, C. C., & Sun, J. (2022). Assessment of Environmental Demands of Age-Friendly Communities from Perspectives of Different Residential Groups: A Case of Wuhan, China. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(15), 9120. https://doi.org/10.3390/ ijerph19159120

Mansir, F., & Karim, A. (2020). Islamic education learning approaches in shaping students’ emotional intelligence in the digital age. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 67–86.

Muhammad Nurul Arifin & Eko Prasetyo. (2020). Digitalisasi Pelayanan Publik: Strategi Menuju Pelayanan Publik yang Prima. Penerbit Pustaka LP3 FEB UI.

Muhammad Ridwan & M. Syarifudin. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Transformasi Digital Pelayanan Publik di Indonesia. Jurnal Reformasi Birokrasi, Vol. 17, No. 3.

Onno Purbo. (2019). Transformasi Digital di Indonesia: Tantangan dan Peluang. Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Rahmatullah, Inanna, Sahade, Nurdiana, Azis, F., & Bahri. (2020). Utilization of digital technology for management effectiveness micro small and medium enterprises. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(4), 1357–1362.

Rini Puspita Sari & Dian Anggraini. (2023). Transformasi Digital Pelayanan Publik: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Dimensi: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Vol. 17, No. 1.

Santoso, R. S., Rostyaningsih, D., & Lestari, H. (2021). Public Policy Analysis: Problem Exploration and Recommendation to Public Service Innovation in Surakarta City Government. ICISPE 2020, October 09-10.

Sharma, M., Sahdev, S. L., Singh, G., & Kumar, B. (2020). Methodology for the Development of an Ontology based E-Learning Platform. 2020 International Conference on Computation, Automation and Knowledge Management (ICCAKM), 101–106.

Sosiawan, Edwi A (2021). Evaluasi Implementasi E-Goverment pada Situs Web Pemerintah Daerah Indonesia: nPerspektif Kontent dan Manajemen. Yogyakarta: UPN Veteran Yogyakarta

Syafir, Sinta & Faghrur, Rifki (2018). Penerapan Etika dalam Good governance dalam Tri Yuningsih,dkk (ed). EtikaAdministrasi Publik. Semarang: Program studi Doktor Administrasi Publik Press.

Umbach, G., & Tkalec, I. (2022). Evaluating -governance through e-government: Practices and challenges of assessing the digitalisation of public governmental services. Evaluation and Program Planning, 93, 102118. https://doi. org/10.106/j.evalprogplan.2022.102118

Yunaningsih, Ani, dkk ( 2021). UpayaMeningkatkan Kualitas Layanan Publik melalui Digitalisasi. Jurnal Altasia, Vol.3, No.1, Tahun 2021

https://berkas.dpr.go.id/pusaka/files/buku_tim/buku-tim-public-152.pdf

https://menpan.go.id/site/berita-terkini/transformasi-digital-pelayanan-publik-memerlukan-peran-generasi-muda

https://infojateng.id/read/10325/etika-yang-harus-dilakukan-masyarakat-dan-pelayan-publik-di-era-digital

https://proceeding.unindra.ic.id/index.php/duconomics/about/history

https://policy.paramadina.ac.id/tantangan-dalam-pelayanan-publik-kita-kini

https://theconversation.com/4-tantangan-pelayanan-publik-berbasis-digital-di-indonesia-203848

https://www.ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwkinternal--inovasi-pelayanan-publik-di-era-digital

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Elvira, Samuel Soewita, & Belly Isnaeni. (2025). Membangun Pelayanan Publik Yang Inovatif Dan Efisiensi Di Era Digital Untuk Mewujudkan Clean And Clear Good Governance. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 238–256. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/47397