Pelatihan Desain Dan Pengembangan Website Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Di Man 2 Kab. Serang

Authors

  • Joko Yuwono Universitas Pamulang
  • Selly Septiani Universitas Pamulang
  • Jajang Qomaruzzaman Universitas Pamulang
  • Akbar Akasah Universitas Pamulang
  • Nayla Letticia Maghizka Universitas Pamulang
  • Shera Salsabella Universitas Pamulang
  • Teuku Guna Prasetya Universitas Pamulang

Keywords:

pelatihan, OSIS, website, digitalisasi, Google Sites

Abstract

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) berperan penting dalam mengembangkan keterampilan siswa, khususnya dalam organisasi dan kepemimpinan. Dalam era digital, website OSIS menjadi platform strategis untuk penyebaran informasi, promosi, dan dokumentasi kegiatan. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di MAN 2 Kabupaten Serang untuk melatih siswa OSIS dalam desain dan pengelolaan website menggunakan Google Sites. Melalui pelatihan berbasis ceramah, praktek langsung, dan diskusi kelompok, kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa hingga 42% berdasarkan hasil evaluasi pre-test dan post-test. Website yang dihasilkan berfungsi sebagai media komunikasi yang efektif dan mendukung pengembangan kapasitas digital siswa.

References

Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2008). Blended learning in higher education: Framework, principles, and guidelines. John Wiley & Sons.

Roblyer, M. D., & Doering, A. H. (2013). Integrating educational technology into teaching (6th ed.). Pearson.

West, R. E., & Borup, J. (2014). An analysis of a decade of research in educational technology. Educational Technology Research and Development, 62(1), 29–47. https://doi.org/10.1007/s11423-013-9334-3

Becta. (2004). A review of the research literature on barriers to the uptake of ICT by teachers. Becta ICT Research. Retrieved from http://dera.ioe.ac.uk/1603/1/becta_2004_barrierstouptake_litrev.pdf

Soloway, E., & Pryor, A. (2012). Transforming learning with Web 2.0 technologies. International Society for Technology in Education.

Bruns, A., & Humphreys, S. (2005). Wikis in teaching and assessment: The M/Cyclopedia project. In A. J. Herrington & J. R. Herrington (Eds.), Authentic learning environments in higher education (pp. 215–235). IGI Global.

Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants. On the Horizon, 9(5), 1-6. https://doi.org/10.1108/10748120110424816

Google. (n.d.). Google Sites Help. Retrieved September 12, 2024, from https://support.google.com/sites/

Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google sites Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–31. https://sites.google.com/

Harsanto, B., 2012. Panduan E-Learning Menggunakan Google Sites. Dalam Skripsi Moh. R.

Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal Educative: Journal of Educational Studies, 4(2), 121.

Safitri, D., & Putra, Z. E. F. F. (2019). Pemberdayan Kelompok Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Quizizz. Prosiding Pengabdian, 1(1), 1–6.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Joko Yuwono, Selly Septiani, Jajang Qomaruzzaman, Akbar Akasah, Nayla Letticia Maghizka, Shera Salsabella, & Teuku Guna Prasetya. (2025). Pelatihan Desain Dan Pengembangan Website Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Di Man 2 Kab. Serang. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 296–303. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/47403