Pelatihan Pengelolaan SDM dan Literasi Keuangan di Era Digital di SMKN 6 Kota Serang
Keywords:
Pelatihan Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Literasi Keuangan, Era DigitalAbstract
Sekolah yang unggul tidak terlepas dari pengelolaan yang baik, karena pengelolaan yang optimal menjadi penentu keberhasilan dalam suatu perusahaan atau lembaga pendidikan. Dalam sebuah lembaga pendidikan atau organisasi membutuhkan pengelolaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan mereka agar kepercayaan konsumen terhadap produk atau hasil yang mereka ciptakan tetap bertahan. Literasi keuangan adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan mengelola keuangan pribadi dengan bijaksana. Ini mencakup pemahaman tentang bagaimana mengelola uang, mengatur anggaran, berinvestasi, dan melindungi diri dari risiko keuangan. literasi keuangan digital, di sisi lain, adalah pemahaman tentang bagaimana teknologi digital memengaruhi aspek-aspek keuangan kita. Dalam lingkup pendidikan formal sala satunya smkn 6 kota serang harus memahami peran penting dalam mengintegrasikan literasi keuangan digital ke dalam kurikulum mereka, supaya dapat memastikan pemahaman konseptual yang mendalam tentang pentingnya keuangan pribadi yang sehat. Dengan adanya Literasi keuangan ini, dapat memampuhkan seseorang atau organisasi untuk memahami dan mempertimbangkan pilihan pendanaan dalam mempersiapkan masa depan, dan merespons situasi dengan tepat dalam hal keuangan. Dengan adanya pemahaman yang kuat tentang suatu konsep keuangan dan teknologi, mereka dapat mengambil keputusan keuangan yang bijaksana, melindungi diri dari risiko online, dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh dunia digital. Fenomena pada literasi keuangan ini, yaitu banyaknya pengaruh di era digital yang mempengaruhi seseorang untuk keuntungan pribadi yang besiko bagi orang lain.
References
Agrasadya, A., Latif, L., & Sunarto, A. (2024). INCREASING STUDENTS'LEARNING MOTIVATION AT THE RUMAH DHUAFA AULIA FOUNDATION TO PREPARE SUPERIOR HUMAN RESOURCES FOR A GOLDEN INDONESIA 2045. International Journal of Engagement and Empowerment (IJE2), 4(1), 131-135.
Ajabar. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama. Hal.5
Amiruddin Indris, Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia, ( Yogyakarta : Deepublish, 2016), 98
Amirul Mukminin, Akhmad Habibi, dan Diat Lantip Prasojo, Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan, (Yogyakarta: UNY Press,2019) h. 184
Ansir, V. R. (2022). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Pada Pemilik Umkm Di Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo Tahun 2021. Seiko: Journal Of Management & Business, 5(2), 163-169.
Arif Yusuf Hamali. 2016. Pemahaman manajemen sumberdaya mausia. Yogyakata: Center for Academic Publishing Servive
Bala, M., & Verma, D. (2018). A critical review of digital marketing. M. Bala, D. Verma (2018). A Critical Review of Digital Marketing. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321-339.
Bala, M., & Verma, D. (2018). A critical review of digital marketing. M. Bala, D. Verma (2018). A Critical Review of Digital Marketing. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321-339.
Dikria, O. &. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 128-139.
Djamaluddin Perawironegoro, “Pengembangan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam”, Tajdidukasi, Volume VIII, No. 1 (2018), 2-3
Latif, L., & Sunarto, A. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan PT. Sinergi Komindo Fokustama Indonesia Cabang BSD City Tangerang Selatan. AMANAH: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2(1), 10-19.
M. Ihsan Dacholfany, “Inisiasi Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Islam di Indonesia Dalam Menghadapi Era Globalisasi”, At-Tajdid, Vol. 1 No. 1 ( 2017), 6
Munthasar, M. H. (2021). Pengaruh Pengetahuan Dan Pendidikan Terhadap Literasi Keuangan Digital Masyarakat Kota Banda Aceh. Jihbiz: Global Journal Of Islamic Banking And Finance, 3(2), 146-157.
Parsons, A., Zeisser, M. dan Waitman, R. (1998) “Organizing today for the digital marketing of tomorrow,” Journal of Interactive Marketing. Elsevier, 12(1), hal. 31– 46.
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, hal. 5
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.