Sosialisasi Peluang Pekerjaan Freelance Bagi Generasi Z Dalam Rangka Meningkatkan Minat Dan Keterampilan Wirausaha Siswa-Siswi Sma Negeri 8 Kota Serang

Authors

  • Denies Susanto Universitas Pamulang
  • M. Nur Fahruqi Universitas Pamulang
  • Alfina Syafira Putri Universitas Pamulang
  • Zahra Aulia Universitas Pamulang
  • Apriliya Indrayanti Universitas Pamulang

Keywords:

pekerjaan freelance, generasi z, kewirausahaan

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai peluang pekerjaan freelance sebagai pilihan karir yang relevan bagi generasi Z, khususnya siswa-siswi SMA Negeri 8 Kota Serang. Dalam era digital yang semakin berkembang, pekerjaan freelance menjadi alternatif yang menarik bagi generasi muda. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam kewirausahaan, terutama di bidang pekerjaan freelance yang melibatkan keterampilan praktis seperti penulisan konten, desain grafis, dan pemasaran digital. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi interaktif, pelatihan keterampilan teknis, dan diskusi kelompok, yang bertujuan untuk membentuk pola pikir kewirausahaan dan keberanian siswa dalam memulai karir mandiri. Selain itu, peserta juga diberikan pengetahuan tentang manajemen waktu, pengelolaan sumber daya, dan strategi memperoleh klien di dunia digital. Diharapkan hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan minat siswa terhadap pekerjaan freelance dan kewirausahaan, serta peningkatan keterampilan yang dapat langsung diterapkan. Kegiatan ini bertujuan membekali siswa dengan kemampuan yang meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja yang berbasis teknologi dan digital.

References

Arif, F (2024). Mengenal Apa Itu Freelance, Kelebihan, Kekurangan, dan Contoh Pekerjaan. olx news.

B. H. Din, A. R. Anuar, and M. Usman, "The Effectiveness of the EntrepreneurshipEducation Program in Upgrading Entrepreneurial Skills among Public University Students," Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 224, pp. 117-123, 2016, doi:10.1016/j.sbspro.2016.05.413.

Drucker, P. F. (2014). Innovation and Entrepreneurship: Practice and Principles. Routledge.

M. R. Luca, A.-M. Cazan, and D. Tomulescu, "Entrepreneurial Personality in Higher Education," Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 84, pp. 1045-1049, 2013, doi: 10.1016/j.sbspro.2013.06.696.

Maddinsyah, A., Hidayat, D., Juhaeri, J., Susanto, D., & Sunarsi, D. 2020. Desain Formulasi Dan Implementasi Bisnis Strategik Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Terintegrasi Kerangka Integrated Performance Management System (IPMS) Pada Koperasi Asperindo. Inovasi, 7(2), 67-76.

W. Khamimah, "Peran kewirausahaan dalam memajukan perekonomian Indonesia,"Jurnal Disrupsi Bisnis, vol. 4, no. 3, pp. 228-240, 2021.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Denies Susanto, M. Nur Fahruqi, Alfina Syafira Putri, Zahra Aulia, & Apriliya Indrayanti. (2025). Sosialisasi Peluang Pekerjaan Freelance Bagi Generasi Z Dalam Rangka Meningkatkan Minat Dan Keterampilan Wirausaha Siswa-Siswi Sma Negeri 8 Kota Serang. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 446–454. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/47455