Sosialisasi Penerapan Digital Marketing Sebagai Optimalisasi Penjualan Berbasis Technorpreneur Pada Smk Negeri 7 Pandeglang

Authors

  • Sela Novitasari Universitas Pamulang
  • Indar Riyanto Universitas Pamulang
  • Fitto Ferdian Aprilyani Universitas Pamulang
  • Olga Nur Fira Handayani Universitas Pamulang

Keywords:

Digital Marketing, Penjualan, Technopreneur

Abstract

            Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran ataupun promosi melalui media internet ataupun digital secara online. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ialah untuk memberikan pemahaman mengenai peran digital marketing dalam upaya meningkatkan penjualan produk UMKM yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Melalui pengabdian kepada masyarakat di SMK Negari 7 Pandeglang ini memberikan pemahaman kepada Siswa/Siswi untuk mengkaji dalam terkait menjadi technopreneur di era  digital marketing saat ini. Dikarenakan masih pemula, pemasaran yang dilakukan belum maksimal yaitu menjual produknya kepada para konsumen yang ada di wilayah sekitarnya saja, sehingga belum dapat menarik konsumen secara lebih luas. Hal inilah yang menjadi tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarkat ini, yaitu untuk memberikan pemahaman mengenai digital marketing dalam memasarkan sehingga dapat meningkatkan penjualan produk. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini meliputi: Peningkatan Pemahaman: Siswa memahami peran dan manfaat digital marketing dalam meningkatkan penjualan. Penerapan Strategi: Siswa mampu merancang strategi digital marketing sederhana untuk memasarkan produk lokal. Peningkatan Kesejahteraan: Dengan aplikasi digital marketing, diharapkan produk UMKM dapat menarik konsumen lebih luas, yang secara tidak langsung berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar. Namun, karena siswa masih berada di tahap awal, implementasi digital marketing perlu didukung oleh pelatihan lanjutan agar mampu mencapai hasil yang optimal.

References

ADITYA, Robby; RUSDIANTO, R. Yuniardi. Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2023, 2.2: 96-102.

Bala, M., & Verma, D. (2018). A critical review of digital marketing. M. Bala, D. Verma (2018). A Critical Review of Digital Marketing. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321-339.

Chaffey, Dave, and Fiona Ellis-Chadwick. Digital marketing. Pearson uk, 2019.

Erwin, Erwin, et al. DIGITAL MARKETING: Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023

Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing.

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran digital dalam kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25-43.

https://ekonomi.bisnis.com/read/20190807/99/1133555/kementerian-pertanian-dan-bps-selaraskan-data-populasi-hewan-ternak

Kingsnorth, Simon. (2022) Digital marketing strategy: an integrated approach to online marketing. Kogan Page Publishers,

Naimah, Rahmatul Jannatin, et al. "Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM." Jurnal IMPACT: Implementation and Action 2.2 (2020): 119-130.

Parsons, A., Zeisser, M. dan Waitman, R. (1998) “Organizing today for the digital marketing of tomorrow,” Journal of Interactive Marketing. Elsevier, 12(1), hal. 31–46.

Ridwan, I. M. (2019). Penerapan digital marketing sebagai peningkatan pemasaran pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 137-142.

Rizaldi, Taufiq, and Hermawan Arief Putranto. "Penerapan digital marketing sebagai strategi marketing dan branding pada UMKM." Prosiding (2018)..

Royan, Frans. (2016).Time table for Marketing Plan. Penerbit Cv. Andi Yogyakarta.

Sagita, Gita, and Zeffanya Raphael Wijaya. "Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07." Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen 1.3 (2022): 24-31

Sihombing, Nikous Soter, et al. Pemasaran Digital. Penerbit Widina, 2022.

Suhardi, A. R., Marinda, V. S., Rohendra, T., Putra, I. G. S., & Budiawan, A. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Binaan Kadin Jawa Barat Dalam Menghadapi Era New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 3(2), 100–105.

Syafii, M., & Budiyanto, N. E. (2022). Penerapan Digital Marketing dengan Analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(1), 66-71.

Waqfin, M. S. I., Wulandari, S. R., Tifliya, F. M., Indrayani, S., Wahyudi, W., & Roziqin, M. K. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM di Desa Kepuhdoko Jombang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 155-159.

Widiawati, A. M., Pratiwi, A. A., & Bimandra, G. (2019). Pelatihan Digital Marketing Strategy Untuk Mencapai Kemandirian Masyarakat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 147–157. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2676

Wijoyo, H., Haudi, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Faisal Akbar, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169–175

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Sela Novitasari, Indar Riyanto, Fitto Ferdian Aprilyani, & Olga Nur Fira Handayani. (2025). Sosialisasi Penerapan Digital Marketing Sebagai Optimalisasi Penjualan Berbasis Technorpreneur Pada Smk Negeri 7 Pandeglang. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 521–530. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/47459