Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Rji
Keywords:
Promosi, Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Kepuasan KonsumenAbstract
Adapun tujuannya, untuk mengetahui, menganalisa dan menguji secara empiris, serta menyimpulan tentang pengaruh kedua variabel diatas terhadap keputusan pembelian yang berdampak pada kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Adapun teknik sampling menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Adapun uji analisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji sobel test. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) secara parsial promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) secara parsial citra merk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (4) secara simultan promosi, dan citra merk, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 57.542 > 3.090. (5) secara parsial promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. (6) parsial citra merk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (7) secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. (8) secara parsial keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. (9) secara simultan promosi, citra merk, kuaslitas pelayanan, dan keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan dengan dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 1789.322 > 3.090. (10) secara parsial keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. (11) promosi, citra merek, dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara positif dan signifikan melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening, hal ini terbukti dengan hasil uji sobel testyang hasil sekeluruhannya > 0.05.
References
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Basu Swastha Dharmmesta, (2014), Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.
Erni, dan Kurniawan. (2017). Pengantar manajemen, edisi 1, Kencana-Jakarta.
Fandy Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa, Cetakan ke-4, CV Andi Offset,
Yogyakarta.
Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan
Strategy. Penerbit Qiara Media.
Ghozali, I. (2014). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP , Semarang.
Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Kotler, Philip and, Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Pearson Education, Inc.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indek.
Kotler dan Keller. (2014). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta:
Erlangga.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV
Al Fath Zumar.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitia Kombinasi. Bandung: (Mixed Methods). Bandung : CV Alfabeta
Tjiptono, (2017), Strategi Pemasaran, Penerbit Andi Offset, Yogyakart.
Warnadi dan Triyono. (2019). Manajemen Pemasaran, CV Budi Utama. Yogyakarta
Alil, H., Ilhamalimy, R, R., Zainal, R, V. (2021). Determination Of Purchase Decisions And Customer Satisfaction: Analyis Of Brand Image And Service Quality (Revie Literature Of Marketing Management). Dinasti Intertaional Journal Of Digitas Business & Management.
Arianto, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pemasaran Kompetitif Unpam.
Havidzl, H, B, H,. Mahaputra, R, M. (2020). Brand Image And Purchasing Decision : analysis Of Price Perception And Promotion (Literature Review Of Marketing Management). Dinasti Intertaional Journal Of Digitas Business & Management.
. (2019). Pengaruh Kualitas Pelyanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Alfamart Roda Hias Serpong. Jurnal Ekonomi Efektif Unpam.
Lesamana, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tekhnology And Inovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif Unpam.
Mulyani2, R, S., Ridwan 1, M., (2023). Determination Of Price And Service Quality On Purchasing Decisions In The Journal Ilmu Multidesiplin. Dinasti International Journal Of Digitas Business & Management.
Novitasari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah Yang Berdampak Pada Loyalitas Nasabah Pada Bank Permata Bintaro Tower III. Tesis Pascasarjana Universitas Pamulang.
Prataliya, E., Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kelangkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Salt N Pepper pada PT Mitra Busana Sentosa Bintaro. Jurnal Kreatif Ilmiah Unpam.
Sulaiman, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Hypermart WTC Serpong. Jurnal Pemasaran Kompetitif Unpam.
Widodo, S, A., Wardani , S. (2020). Pengaruh Promosi Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cendo. Jurnal Pemasaran Kompetitif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.