Pengaruh Orang Tua, Dan Guru Paud Terhadap Prestasi Peserta Didik Pada “Sps Paud Nusa Indah” Di Desa Pagedangan Kecamatan Pagedangan Kabupatentangerang

Authors

  • Yusuf Supardi Universitas Pamulang
  • Khuzaeni Universitas Pamulang

Keywords:

orang tua, guru paud, prestasi

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh orang tua dan Guru Paud terhadap prestasi peserta didik pada SPS Paud Nusa Indah di Desa Pagedangan Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Pendidikan anak usia dini (PAUD) salah satu sarana pendidikan dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik di usia balita, pemerintah bersama dengan masyarakat berkolaborasi dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini ini. Melalui pendidikan usia dini ini diharapkan anak-anak dapat diperkanlkan dengan dunia pendidikan, mengenal teman sebaya, bergaul dengan sesame di usianya dan lain sebagainya. Dalam pelaksanaan pendidikan ini, sangat dipengaruhi orang tua peserta didik, masyarakat dan guru paud, Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh orang tua peserta didik terhadap peserta didik, dan menegtahui guru paud terhadap peserta didik, serta mengetahui pengaruh orang tuda peserta didik dan Guru Paud secara bersama pada SPS Paud Nusa Indah di Desa Pagedangan Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik angket kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh sebanyak 50 orang tua peserta didik dan guru paudi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, persamaan regresi sederhana, koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi dan uji signifikansi. Hasil penelitian pada SPS Paud Nusa Indah di Desa Pagedangan Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang, diketahui bahwa : Terdapat pengaruh signifikan Orang tua peserta didik tehadap prestasi Peserta didik dengan regresi dan signifiansi. Terdapat pengaruh signifikan pengaruh Guru Paud terhadap Peserta didik dengan regresi dan signifikan. Terdapat pengaruh signifikan Orang tua peserta didik dan Guru Paud secara simultan terhadap prestasi Peserta didik dengan regresi dan signifikan. Luaran peneltian berjudul Pengaruh orang tua dan Guru Paud terhadap prestasi peserta didik pada SPS Paud Nusa Indah di Desa Pagedangan Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang adalalah  buku laporan dan desiminasi hasil penelitian.

References

Atmaka, Dri. 2004. Tips Menjadi Guru Kreatif. Bandung. Yrama Widya Duli. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sleman: Deepubish.

Greener, S., & Martelli, J. (2018). An Introduction to Business Research Methods. Egland: Bookboon.

Mulyadi, Seto (2006), Membantu anak balita mengelola amarahnya (Revisi), Jakarta, Erlangga,

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardan Khusnul. (2020). Motivasi Kerja Guru Dalam Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Tarjo. (2019). Metode Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

https://siln-riyadh.kemdikbud.go.id/paud/

https://smamyserang.sch.id/baca/pengertian-guru-definisi-tugas-dan-peran-guru-dalam-pendidikan

https://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajup/article/view/236

https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/1803

https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/alathfal/article/view/10572

https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v7i2.19868

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Yusuf Supardi, & Khuzaeni. (2025). Pengaruh Orang Tua, Dan Guru Paud Terhadap Prestasi Peserta Didik Pada “Sps Paud Nusa Indah” Di Desa Pagedangan Kecamatan Pagedangan Kabupatentangerang. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 623–633. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/47490