Pemanfaatan Aplikasi Classdojo Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan di SDN Cilenggang 02 Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Ari Fujiarti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Indri Dwi Ariyani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang

Keywords:

Aplikasi Classdojo, Media Pembelajaran

Abstract

Dalam era digital saat ini, teknologi semakin menjadi bagian integral dari pendidikan. Salah satu alat yang telah terbukti efektif dalam mendukung komunikasi dan manajemen kelas adalah ClassDojo. Aplikasi ini memfasilitasi interaksi antara guru, siswa, dan orang tua, serta membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih terstruktur dan positif. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pendekatan Kualitatif guna mendeskripsikan pemanfaatan Class Dojo sebagai media pembelajaran dalam jaringan di SDN Cilenggang 02 Kota Tangerang Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Hasil penelitian yang dilakukan pada tanggal 11 Oktober 2024 sampai 20 November 2024 di SDN Cilenggang 02 Kota Tangerang Selatan dengan subjek penelitian kelas 6 dengan melakukan observasi dan wawancara yang telah peneliti uraikan, serta didukung dengan dokumentasi, dapat dilihat bahwa guru memanfaatkan class dojo sebagai media pembelajaran dalam jaringan untuk menunjang proses pembelajaran selama di rumah. Adapun hambatan yang terjadi seperti ganggungan sinyal, memori HP yang penuh, kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik, sulit mengetahui keseriusan peserta didik, sulit memahami materi yang diberikan.

References

Barhomi, Choki. 2015. Effectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities Guided by Activity eory on Students Knowledge Mangement Contemporary Educational Technology, Vol 6 (3).

Moleong, J.L. 2017. Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Melissa Bryanne Mchugh Dillon. 2016. The Tootling Intervention with Class Dojo: Effects on Classwide Disruptive Behavior and Academically Engaged Behavior in An Upper Elementary School Setting”, Disertasi, Fakultas Psikologi 50 University of Southern Mississippi.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Subekti Ila Mursalina dkk. 2017. Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Internet melalui Pemanfaatan Smartphone dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasiladan Kewarganegaraan di SMA 1 Kartasura, Education, Vol 2 No. 2

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Ari Fujiarti, & Dwi Ariyani, I. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Classdojo Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan di SDN Cilenggang 02 Kota Tangerang Selatan. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 660–668. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/47547