Pelatihan Aplikasi Class Dojo Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan di SDN Cilenggang 02 Kota Tangerang Selatan
Keywords:
Classdojo, Media pembelajaranAbstract
Class Dojo adalah media pembelajaran interaktif antara guru dan siswa dimana guru fokus untuk memotivasi siswa dalam hal memberikan arahan dan pembelajaran dalam perilaku positif siswa yang bisa dibantu dan bisa melibatkan orang tua siswa dalam mendidik siswa serta terdapat ada dua versi, yakni versi web dan versi aplikasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Cilenggang 02. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yang mendeskripsikan mengenai pemanfaatan aplikasi Class Dojo sebagai media pembelajaran dalam jaringan. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama wali kelas yang menjadi sumber utama dari penelitian ini, kemudian wawancara bersama enam peserta didik kelas 6, observasi berupa observasi partisipasi pasif serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Hasil penelitian menujukkan bahwa guru telah memanfaatkan Class Dojo sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran dalam jaringan (Daring) dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia seperti fitur class story, portofolio dan personal chat. Kemudian dalam pelaksanaan pemanfaatan Class Dojo sebagai media pembelajaran terdapat bebarapa hambatan yaitu gangguan sinyal, memori HP penuh, kurangnya interaksi, sulit mengetahui keseriusan belajar peserta didik. Adapun solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi dari pemanfaatan Class Dojo sebagai media pembelajaran dalam jaringan adalah meningkatkan pembelajaran mandiri melalui portofolio digital dan interaksi dengan orang tua untuk mendukung pembelajaran
References
Adam & Taufik. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal. Vol. 3(2). 78-90.
Akuan Siswono. 2008 Jurnal Pendidikan Penabur. Jakarta Barat: BPK Penabur. Ali, Muhammad. Guru Dalam Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arief Furchan & Agus Maimun. 2005. Studi Tokoh: Metode Penelitian Mengenai Tokoh Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Basrowi, Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta. Bryanne, Melissa Mchugh Dillon. 2016. The Tootling Intervention with Class Dojo: Effects on Classwide Disruptive Behavior and Academically Engaged Behavior in An Upper Elementary School Setting. University of Southern Mississippi: Fakultas Psikologi.
Barhomi, Choki. 2015. Effectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities Guided by Activity eory on Students Knowledge Mangement Contemporary Educational Technology, Vol 6 (3).
Chusna, Musyidatul. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Aplikasi Class Dojo dalam Pembelajaran IPS Kelas VII A MTs Riyadlatul Fallah”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Eko, Jazi Istiyanto. 2013. Pemrograman Smartphone Menggunakan SDK Android dan Hacking Android. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jaka wijaya Kusuma dkk. 2020 Pelatihan Penggunaan Aplikasi Classdojo Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Sd It Bina Bangsa Di Era Kenormalan Baru. Universitas Bina Bangsa. Jurnal pengabdian kepada masyarakat. 01(01).
Kuntarto, E., & Sugandi, S. (2018). Penerapan Program Pengembangan Profesi Guru Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Diniyah Al-Azhar Kota Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2)
Melissa Bryanne Mchugh Dillon. 2016. The Tootling Intervention with Class Dojo: Effects on Classwide Disruptive Behavior and Academically Engaged Behavior in An Upper Elementary School Setting”, Disertasi, Fakultas Psikologi University of Southern Mississippi.
Michael Scott Burger. 2015. The Perception Of The Effectiveness Of Class Dojo In Middle School Classrooms: A Transcendental Phenomenological Study”, Disertasi, Universitas Liberty.
Masruri. 2017. Pemanfaatan Aplikasi ClassDojo Sebagai Pengganti Buku Penghubung Orang Tua Siswa Di SD Djama’atul Ichwan Program Utama Surakarta. Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Dalam Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, (1): 27.
Moleong, J.L. 2017. Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Miles & Huberman, Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis”. (Amerika: SAGE Publications.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.