ANALISIS SWOT: STRATEGI MANAJEMEN DAN KOMUNIKASI ORGANISASI SOCIAL ENTREPRENEUR (STUDI PADA BANK SAMPAH “Tape Uli” DI CIPAYUNG, DEPOK, JAWA BARAT)

Authors

  • Purwadi Purwadi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jakarta, Indonesia
  • Doan Ilman Munandar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jakarta, Indonesia

Keywords:

analisis SWOT, manajemen, komunikasi, organisasi, social entrepreneur

Abstract

Pertumbuhan jumlah bank sampah sebagai organisasi social entrepreneur yang meningkat dari tahun ke tahun ternyata tidak diiringi dengan kesadaran masyarakat yang meningkat terhadap persoalan sampah. Tingkat kesadaran masyarakat pun masih rendah terhadap pengelolaan sampah. Berangkat dari kenyataan tersebut, kajian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran strategi manajemen dan komunikasi organisasi bank sampah agar maksimal dalam mengedukasi masyarakat untuk peduli pengelolaan sampah. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data utama kajian adalah wawancara dengan pengurus dan anggota organisasi bank sampah TaPe uLi dan dikombinasikan dengan hasil studi pustaka. Analisis data kajian menggunakan analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats (SWOT). Hasil kajian ini adalah pendekatan ofensif perlu dilakukan dalam mendorong masyarakat luas agar peduli terhadap pengelolaan sampah. Pendekatan ofensif ini melalui dua langkah, yakni optimalisasi teknologi informasi dan komunikasi serta mendorong anak-anak muda sebagai generasi yang bersifat energik untuk mengkampanyekan kepedulian terhadap persoalan sampah dan pengelolaan lingkungan yang baik.

 


References

Antaranews.com. (2017). Komunitas: Kesadaran Masyarakat Terhadap Sampah Masih Rendah. Retrieved July 30, 2020, from Antara Sumbar website: https://sumbar.antaranews.com/berita/202523/komunitas-kesadaran-masyarakat-terhadap-sampah-masih-rendah%0A

Chemweno, P., Wamuba, P., Roeland, B., Ostaeyen, J. V., and Horenbeek, A. V. (2012). Strategic management process and SWOT analysis for adoption of maintenance strategies for wind turbine gearbox. Environmental Geology, 7(5), 224–224. https://doi.org/10.1007/1-4020-4494-1_124

Dhewanto, W., Lestari, Y. D., Herliana, S., and Lawiyah, N. (2018). Analysis of the business model of Waste Bank in Indonesia: A preliminary study. International Journal of Business, 23(1), 73–88.

Hatch, M. J., and Cunliffe, A. L. (2013). Organization Theory: Modern, Symbolic and Postmodern Perspectives (3rd Ed.). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Informan DIM. (2019). Hasil Wawancara dengan Narasumber 2 (pp. 1–3). pp. 1–3. Jakarta.

Informan EPJ. (2019). Hasil Wawancara dengan Narasumber 1 (pp. 1–3). pp. 1–3. Depok.

Kadir, M. A. B. A., and Sarif, S. M. (2016). Social Entrepreneur and Social Enterprise:A Review of Concepts, Definitions and Development in Malaysia. Journal of Emerging Economies and Islamic Research, 4(2), 1–16. Retrieved from www.jeeir.com

Kurnia, N. (2019). Sampah Menjadi Masalah Lingkungan di Indonesia. Retrieved July 29, 2020, from Kompasiana website: https://www.kompasiana.com/niningkurnia/5cbef26595760e2b081e54a4/sampah-menjadi-masalah-lingkungan-di-indonesia?page=all%0A%0A

Lumpkin, G. T., Bacq, S., and Pidduck, R. J. (2018). Where Change Happens: Community-Level Phenomena in Social Entrepreneurship Research. Journal of Small Business Management, 56(1), 24–50.

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. In Pearson Education Limited (7th Ed.). https://doi.org/10.1234/12345678

Purwadi, P., and Irwansyah, I. (2019). Aplikasi JAWARA: Pemandu Digital Terasa seperti Pemandu Berbasis Komunikasi Analog? Jurnal Penelitian Komunikasi, 22(2), 123–138. https://doi.org/10.20422/jpk.v22i1.609

Republika.co.id. (2019). Persoalan Sampah Nggak Selesai-Selesai, Ini Kata KLHK. Retrieved July 30, 2020, from Republika website: https://nasional.republika.co.id/berita/pylsow428/persoalan-sampah-emnggakem-selesaiselesai-ini-kata-klhk%0A

Rogers, E. M., and Kincaid, D. L. (1981). Communication Networks: Toward a New Paradigm for Research. New York: The Free Press.

TaPe uLi. (n.d.). Komunitas Tangan Peduli Lingkungan (TaPe uLi). Retrieved July 30, 2020, from http://www.tanganpedulilingkungan.com/

Tempo.co. (2020). Bank Sampah Tumbuh Pesat di Indonesia, Ini Datanya. Retrieved July 30, 2020, from Tempo website: https://tekno.tempo.co/read/1316606/bank-sampah-tumbuh-pesat-di-indonesia-ini-datanya%0A

Utami, E. (2013). Buku Panduan Sistem Bank Sampah dan 10 Kisah Sukses. In Yayasan Unilever Indonesia, Jakarta. Jakarta: Yayasan Unilever Indonesia.

Whitney, F. L. (1960). The Element of Research. New York: Prentice-Hall, Inc.

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Purwadi, P., & Munandar, D. I. (2021). ANALISIS SWOT: STRATEGI MANAJEMEN DAN KOMUNIKASI ORGANISASI SOCIAL ENTREPRENEUR (STUDI PADA BANK SAMPAH “Tape Uli” DI CIPAYUNG, DEPOK, JAWA BARAT). PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 199–208. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/8186