OPTIMALISASI DISTRIBUSI MENGGUNAKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM (VRP)DENGAN PENDEKATAN NEAREST NEIGBOUR STUDI KASUS PRODUK SALAD
Keywords:
Ditribusi, Rute, kapasitas kendaraan, Jarak, BiayaAbstract
Rute distribusi yang baik adalah jika jarak tempuh dan cost perjalanan yang dikeluarkan tidak tinggi. PT. Momento AgrÃcola memiliki rute distribusi dan jarak total yang dicakup untuk setiap rute tidak teratur dan kapasitas utilitas kendaraan untuk setiap rute tidak pasti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan rute distribusi yang dapat meminimalkan jarak tempuh, mengoptimalkan utilitas setiap kendaraan dan meminimalkan biaya distribusi dari seluruh rute yang ada dari total 30 titik penjualan. Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah ini adalah metode nearoust neigbour. Penelitian ini menghasilkan 6 sub-rute, yaitu: Sub-rute BSD terdiri dari 5 titik penjualan, jarak 16 km dan permintaan 72 kotak. Sub-rute Tangerang terdiri dari 5 titik penjualan, jarak 21 km dan permintaan 71 kotak. Kecamatan Jakarta I terdiri dari 5 titik penjualan dengan jarak 25,8 km dan permintaan 73 kotak. Sub-rute Jakarta II terdiri dari 5 titik penjualan, jarak 42,4 km dan permintaan 84 kotak. Sub-rute Jakarta III terdiri dari 5 titik penjualan, jarak 92 km dan permintaan 81 kotak. Sub-rute Kelapa Gading terdiri dari 5 titik penjualan, 118 km jauhnya dan 73 kotak permintaan. Mengurangi jarak rute ke 315 km dari sebelumnya yang tidak dapat ditentukan secara pasti. Total biaya distribusi menurun Rp. 309.500 atau 65%.
References
Amri, M. d. (2014). PENYELESAIAN VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN MENGGUNAKAN METODE NEAREST NEIGBOUR (Studi Kasus: MTP Nganjuk Distributor PT Cocal Cola). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 36-45.
Aswar, W. &. (2014). Penerapan Metode Nearest Neighbour Untuk Menentukan Rute Distribusi Roti Tawar Citarasa Bakery PT KMBU Bontang. . Jurnal Teknik Industri Universitas Mulawarman Samarinda, 6.
Basriati, S. (2017). PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PADA MULTIPLE DEPOT VEHICLE ROUTING PROBLEM(MDVRP) MENGGUNAKAN METODE INSERTION HEURISTIC(Studi Kasus: Orange Laundry dikota Pekanbaru. Jurnal Sains Matematika dan Statistika Vol 3(1), 37-44.
Cahyawati AN, d. (2018). ANALISIS PENGUKURAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STOPWATCH TIME STUDY. SEMINAR NASIONAL TELNOLOGI DAN REKAYASA (SENTRA) (pp. 106-112). MALANG: UNBRAW press.
Candra, A. d. (2018). OPTIMASI JALUR DISTRIBUSI DENGAN METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM(VRP). Jurnal Manajemen Transpotasi & Logistik Vol 5(2), 105-115.
Haryanto, M. (2014). ANALISIS DAN OPTIMASI JARINGAN MENGGUNAKAN TEKNIK LOAD BALANCING(Studi Kasus: Jaringan UAD Kampus 3). Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 2(2), 1370-1378.
Hutomo, H. &. (2017). Penyelesaian Capacitated Vehicle Routing Problem Menggunakan Algoritma Genetika Dan Nearest Neighbour Pada Pendistribusian Roti. . Jurnal Matematika-S1, 6(2), 52-62.
Kawileh, F. (2014). AnalisiS Pengaruh Saluran Distribusi Lngsung Dan tidak Langsung Terhadap Volume Penjualan Tekstil Di PT. SARI WARNA ASLI Karang Anyar. Surakarta: UMS press.
Mahmudy, W. (2014). IMPROVED SIMULATED ANNEALING FOR OPTIMIZATION OF VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS(VRPTW). Jurnal Ilmiah Kursor Vol 7 no 3, 109-116.
Mutakhiroh, I. d. (2007). PEMANFAATAN METODE HEURISTICK DALAM PENCARIAN JALUR TERPENDEK DENGAN ALGORITMA SEMUT DAN ALGORITMA GENETIKA . Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (pp. B33 - B39 ). Yogyakarta: UII Press.
Sari, M. d. (2015). PENYELESAIAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN SAVING MATRIKS, SEQUENTIAL INSERTION DAN NEAREST NEIGHBOUR DI VIKTORIA RO. Jurnal Matematika, 1-11.
Supratman, J. (2016). PERENCANAAN OPTIMASI PRODUKSI PRODUK FREEZER DAN SHOWCASE DI PT FPS. Jurnal PASTI Vol X(3), 320-342.