PENGARUH HUMAN CAPITAL DAN SELF EFFICACY TERHADAP E-SATISFACTION DENGAN E-COMMERCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Keywords:
Pandemi Covid-19, new normal, human capital, e-commerce, UKMAbstract
Pandemi Covid-19 dapat merubah kehidupan bisnis di Indonesia. Banyak bisnis sekelas UKM mengalami keterpurukan. Strategi bisnis mulai dipikirkan untuk dapat bisa bertahan dalam kondisi yang tidak menentu. Namun, ketika pemerintah mulai menerapkan pemberlakukan dalam tatanan menuju kehidupan baru sebagai New Normal, maka pelaku UKM kerajinan mulai memasarkan kerajinan dengan memakai e-Marketing. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh human capital, self efficacy terhadap volume penjualan dan e-commerce sebagai alat pemasaran produk, karena UKM yang telah beralih model pemasarannya mengarah pada e-commerce salah satu cara untuk dapat terus melakukan produktifitas bisnisnya. Metode penelitian eksplanatori, UKM kerajinan di Malang Raya sebagai lokasi penelitian, dan purposive sampling untuk menentukan UKM kerajinan serta sebagai responden untuk mengisi kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 UKM. Path analisis dengan Smart PLS untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis yang ditujukan mempunyai pengaruh significan terhadap e-commerce dan e-satisfaction.
References
Agus Kurniawan, Muhammad Khafid, Amin Pujiati, 2016, Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi, dan kepribadian Terhadap Minat Wirausaha melalui Self Efficacy. Journal of Economic Education. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec. P. 100-109
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MOTIVASI, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP MINAT WIRAUSAHA MELALUI SELF EFFICACY
Bandura, A. 1997. Self Efficacy – The Exercise of Control (Fifth Printing, 2002). New York: W.H. Freeman & Company.
Chi, W., dan Wang. 2010. Accounting Conservatism in a Setting of Information Asymetry Between Majority and Minority Shareholders. The International Journal of Accounting, 45 (4), 465-489
Consulting, D. E. & F., 2020, Advice is judged by results, not intentions. Dcode Economic & Financial Consulting. https://dcodeefc.com/
Dan J. Kim, 2009, An investigation of the effect of online consumer trust on expectation, satisfaction, and post-expectation. Journal Informations system and e-business management. P. 219-240
Daneshi, Ali, I. B. Mansourabad dan A. Pirzad. 2013. The Study of the Relationship Between Intellectual Capital and Financial Performance of the Listed Companies in Tehran Stock Exchange. Research Journal of Applied Science, Engineering and Technology 6 (10), 1703-1710
D. Starovic and B. Marr, 2004, “Understanding corporate value: managing and reporting intellectual capital,†2004
Hadi, S., dan Supardi, 2020, Revitalization Strategy for Small and Medium Enterprises after Corona Virus Disease Pandemic (Covid-19) in Yogyakarta. Xi'an Jianzhu Keji Daxue Xuebao/Journal of Xi'an University of Architecture & Technology. April 2020. P 4068-4076. ISSN No : 1006-7930.
Loudon, Kenneth, C& Loudon, Jane, P. 2012. Management Information System : Managing the Digital Firm 12th edition. Pearson.
Lovelock, C, dan John Wirtz, 2011. “Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7â€. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Keller. (2016). Marketing management. 15e, Boston, Pearson Education.
Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. (2005). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Seto Mulyadia , Wahyu Rahardjoa , A.M. Heru Basukia, 2016, Procedia - Social and Behavioral Sciences 217 ( 2016 ). P. 603 – 608
Sudarmi, 2015, Pengaruh Efektivitas Manajerial, Self-Efficacy, Stres Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen Kebidanan di Provinsi Lampung , Jurnal Manajemen, Volume XIX, No. 01, Februari 2015. P. 28-46.
Triandini, E., Djunaidy, A., & Siahaan, D. (2015). Determining E-commerce adoption level by SMEs in Indonesia based on customer-oriented benefits. 2014 1st International Conference on Information Technology, Computer, and Electrical Engineering: Green Technology and Its Applications for a Better Future, ICITACEE 2014 - Proceedings, 281–285. https://doi.org/10.1109/ICITACEE.2014.7065757
Turban, Efraim. et. al. 2015. Electronic commerce a Managerial and Social
Networks Perspective 8th edition. Springer