IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PADA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN 2020

Authors

  • Amelia Haryanti Fakultas Keguruan, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Abi Robian Fakultas Keguruan, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Dindin Dindin Fakultas Teknik, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Keywords:

implementasi, sekolah, zonasi

Abstract

Tidak meratanya mutu dan “kualitas pendidikan masih terjadi di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah di kota Tangerang Selatan, yang masih jelas terlihat adanya kesenjangan mutu Pendidikan. Upaya untuk mengurangi kesenjangan ini dilakukan oleh pemerintah Indonesia, yakni dengan di berlakukannya system zonasi dalam proses penerimaan peserta didik baru. Peraturan mengenai system zonasi ini termuat dalam Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah Implementasi dari Permendikbud tersebut dilaksanakan di Kota Tangerang Selatan? Hambatan-hambatan apa saja yang terjadi dalam pelaksanaan Permendikbud tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan normative dan empiris. Jenis data terdiri dari data primer dan skunder. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelaksanaan penerimaan peserta didik baru di Kota Tangerang Selatan mengacu pada petunjuk teknis keputusan kepala dinas tentang Pelaksanaan PPDB tahun 2018, sedangkan factor penghambatnya yakni belum di sahkannya peraturan daerah tentang system zonasi, kurangnya sosialisasi, belum meratanya sarana dan prasarana sekolah, kurang tegaknya kebijakan sebagai tindak lanjut dari peserapan system zonasi, serta masih lemahnya pengawasan dalam†implementasi kebijakan Permendikbud tersebut. Saran dari hasil penelitian ini adalah pemerintah daerah meningkatkan sosialisasi tentang Permendikbud tersebut kepada masyarakat, meningkatkan sarana dan prasarana, serta mengawasi pelaksanakan kebijakan tersebut di lapangan

References

Abidin said Zainal, Kebijakan Publik, Jakarta: Yayasan Pancur Siwah

Asshiddique, Jimly. Konstitusi dan Konstitualisme, jakarta: Sinar Grafika. 2012

Baedhowi. 2009. Kebijakan Otonomi daerah Bidang Pendidikan: Konsep Dasar dan Implementasi. Semarang: Pelita Insani

Dian Purwanti, Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Sistem Zonasi di Kota Bandung, jurnal GOVERNANSI,pISSN 2442-3971 e-ISSN 2549-7138, Volume 5 Nomor 1, April 2019

Dwidjowijoto, Riant Nugroho. 2004. Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta:Gramedia.

Kohler, Philip (1993), manejemen Pemasaran Analisis perencanaan Implementasi kontrol,†Jakarta: PT Prehallindo

Rochaeti, Eti.dkk (2009). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Winarno Budi, Teori dan Proses Kebijakan Publik, Media Pressindo, Yogyakarta

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Peraturan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Peraturan Gubernur Banten Nomor 22 Tahun 2020 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Atas Negeri, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri, dan Sekolah Khusus Negeri di Provinsi Banten

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Haryanti, A., Robian, A., & Dindin, D. (2021). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PADA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN 2020. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 61–70. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/8208