PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH 2 TANGERANG SELATAN
Keywords:
Pembelajaran, Media Audio Visual, Bahasa InggrisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui perencanaan pembelajaran bahasa Inggris dengan media audio visual di SMK Muhammadiyah 2 Tangerang Selatan. (2) Menentukan implementasi pembelajaran bahasa Inggris dengan SMK Muhammadiyah 2 Tangerang Selatan. (3) Menentukan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris dengan media audiovisual di SMK Muhammadiyah 2 Tangerang Selatan. (4) Menngetahui kendala yang dihadapi dan cara mengatasinya dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan media audiovisual di SMK Muhammadiyah 2 Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran bahasa Inggris dengan Audio Visual Media dimulai dengan menyiapkan silabus termasuk alat pembelajaran, rencana pelajaran, LCD, Proyektor, Laptop dan bahan ajar lainnya, yang dilakukan pada awal semester. Guru bahasa Inggris berbagi dengan guru lain, guru senior dan sesama guru dalam MGMP bahasa Inggris. (2) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris dengan media Audio Visual dimulai dengan referensi pada silabus dan rencana pelajaran; menyiapkan bahan ajar dan perangkat lunak pembelajaran. Guru mengarahkan siswa untuk menentukan tujuan pembelajaran, mengatur kegiatan pelajaran sehingga materi dapat disampaikan dengan baik. (3) Evaluasi hasil pembelajaran yang diadakan setelah menyelesaikan 1 SK / KD, yang dilakukan oleh individu dan kelompok, evaluasi dilakukan secara tes tertulis dan tes lisan. Kriteria siswa yang berhasil dengan nilai KKM 70. (4) Kendala yang dihadapi adalah ruang belajar yang terlalu terang sehingga kurang mendukung untuk menampilkan layar dengan baik. Keterbatasan kemampuan guru bahasa Inggris dalam menyiapkan bahan ajar, sehingga harus mencari di media internet yang belum tentu sesuai dengan keinginan dan telah menghabiskan waktu yang cukup lama.
References
Arysad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Djamarah, B.A., & Zain, A. (2012). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Asyar, R. (2012). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Sanjaya, W (2012). Media komunikasi pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Suyanto, & Jihad, A. (2013) Menjadi guru profesional. Jakarta: Erlangga.
Suprihatiningrum, J (2013). Strategi pembelajaran teori & aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fathurrahman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar & Pembelajaran, Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
Bogdan, Robert C. dan Biklen Kopp Sari, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon, Inc.: Boston London.
Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor.
Venkatesh, Moris, M.G., Davis, G.B., and Davis F.D. 2003. User Acceptance of InformationTechnology: Toward a Unified View. MIS Querterly, Vol.27,No.3, diakses tanggal 8 Oktober 2013.
Duludu, Ummyssalama.A.T.A. (2017). Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Davis, F.D., Bagozzi, R.P. and Warshaw, P.R. 1989. "User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models," Management Science (35:8), pp. 982-1002.
https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877050913012799