SOSIALISASI PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA DENGAN CARA MENYENANGKAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 KEPADA PEMUDA USIA SMP-SMA PERUMAHAN TAMAN SARI GUNUNG SINDUR
Keywords:
Matematika, Pembelajaran berbasis AndroidAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan bagian integral dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lainnya, dan melibatkan segenap sivitas akademika: dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan serta alumni. Melalui PkM sivitas akademik dapat hadir di tengah-tengah masyarakat. Melihat lokasi kampus yang tak jauh dengan Perumahan Taman Sari Gunung Sindur, Bogor, maka sudah menjadi kewajiban bagi Universitas Pamulang untuk ikut serta membantu berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat baik yang dekat maupun yang jauh, terutama bagi masyaratkat yang terdampak pandemi covid-19. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa tentu menjadi masalah serius pada saat ini karena pembelajaran dilakukan secara daring (online). Agar permasalahan tersebut dapat diatasi tentu harus ada inovasi, salah satunya adalah dengan pembelajaran yang menyenangkan (misal: pembelajaran berbasis android) agar siswa dapat belajar dengan efisien dan efektif. PkM dengan judul: “Sosialisasi Penyelesaian Soal Matematika Dengan Cara Menyenangkan di Tengah Pandemi Covid-19 Kepada Pemuda Usia SMP-SMA Perumahan Taman Sari Gunung Sindur†dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom. Kegiatan PkM ini berjalan efektif dan tingkat ketertarikan siswa/i cukup tinggi terhadap pembelajaran Matematika.
References
Afgani, M., 2009, Pengembangan Media Website pada Materi Program Linear di Sekolah Menengah Atas, Tesis Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya. Palembang: Unsri.
Mangelep, N. O., 2015, Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika - VI, (KNPM6, Prosiding), 104-112.
Mangelep, N. O., 2017, Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.
Subhan, 2009, Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Berbentuk Cerita pada Bidang Studi Matematika. Jurusan Tarbiyah STAIN Cirebon.
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suratno, T., 2009, Memahami Kompleksitas Pengajaran-Pembelajaran dan Kondisi Pendidikan dan Pekerjaan Guru. Hand out perkuliahan. Bandung: Tidak diterbitkan.
Eggen dan Kauchak, Strategi dan Model Pembelajaran (Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir, Edisi Keenam), (Jakarta: PT Indeks, 2012), h. 307
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Model Penilaian Kelas, (Jakarta: Depdiknas, 2006), h.59
Fajar Shadiq, Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi, (Yogyakarta: PPPG, 2004), .2