MENEMUKAN PELUANG USAHA BARU DENGAN PENDEKATAN CURAH GAGASAN UNTUK MEMBANGUN KEMANDIRIAN ORGANISASI KARANG TARUNA DI KELURAHAN PONDOK CABE UDIK
Keywords:
Peluang Usaha, Organisasi Karang Taruna, Mandiri, Curah GagasanAbstract
Tidak dimilikinya unit bisnis yang dikembangkan dan dikelolah secara mandiri menjadi salah satu penyebab organisasi karang taruna di Kelurahan Pondok Cabe Udik belum mampu mandiri dalam hal keuangan.Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu pengurus dan anggota organisasi karang taruna Kelurahan Pondok Cabe Udik utnuk menemukan peluang usaha baru. Metode yang digunakan adalah pelatihan dengan menggunakan pendekatan curah gagasan untuk menemukan peluang usaha baru. Hasil dari kegiatan ini adalah pengurus dan anggota karang taruna Kelurahan Pondok Cabe Udik mampu menemukan ide-ide usaha. Ide usaha yang digagas berupa ide usaha bersama dan ide usaha individu. Ide usaha bersama untuk organisasi dikembangkan dan dikelola bersama. Ide usaha individu dikembangkan mandiri secara individu untuk diri sendiri.
References
Boddy, C. (2012). The Nominal Group Technique: an aid to Brainstorming ideas in research. Qualitative Market Research. Vol. 15 No. 1, pp. 6-18. https://doi.org/10.1108/13522751211191964
Heinonen, J., Hytti, U. and Stenholm, P. (2011). The role of creativity in opportunity search and business idea creation. Education + Training. Vol. 53 No. 8/9, pp. 659-672. https://doi.org/10.1108/00400911111185008
Kalargiros, E.M. and Manning, M.R. (2015). Divergent Thinking and Brainstorming in Perspective: Implications for Organization Change and Innovation. Research in Organizational Change and Development (Research in Organizational Change and Development, Vol. 23. Emerald Group Publishing Limited. pp. 293-327. https://doi.org/10.1108/S0897-301620150000023007
Kay, G. (1995). Effective meetings through electronic brainstorming. Journal of Management Development. Vol. 14 No. 6, pp. 4-25. https://doi.org/10.1108/02621719510086147
Schibbye, T. and Verreynne, M.-L. (2005). Where and how do innovative firms find new business opportunities? An exploratory study of New Zealand firms. Vinig, G.T. and Van Der Voort, R.C.W. (Ed.) The Emergence of Entrepreneurial Economics (Research on Technological Innovation, Management and Policy). Vol. 9. Emerald Group Publishing Limited, Bingley, pp. 141-163. https://doi.org/10.1016/S0737-1071(05)09009-8
Swanson, L.A. and Zhang, D.D. (2012). Perspectives on corporate responsibility and sustainable development. Management of Environmental Quality. Vol. 23 No. 6, pp. 630-639. https://doi.org/10.1108/14777831211262918
VanGundy, A.B. (1984). Brain Writing For New Product Ideas: An Alternative To Brainstorming. Journal of Consumer Marketing. Vol. 1 No. 2, pp. 67-74. https://doi.org/10.1108/eb008097