PENYUSUNAN SUBJECT SPESIFIC PEDAGOGY BERMUATAN KARAKTER DAN STUDENT CENTERED

Authors

  • Dwi Oktaviana Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi, IKIP PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi, IKIP PGRI Pontianak
  • Wiendi Wiranty Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

Subject Spesific Pedagogy, Bermuatan Karakter, Student Centered

Abstract

Tujuan pelatihan dalam kegiatan PKM ini adalah terlaksananya pelatihan penyusunan Subject Spesific Pedagogy Bermuatan Karakter dan Student Centered. Kegiatan ini diperlukan dalam proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat dicapai. Tujuan penelitian untuk meningkatkan dan mengembangkan keahlian, pengetahuan serta sikap guru sehingga lebih terampil dalam pembuatan SSP bermuatan karakter dan student centered. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) dilakukan oleh tim dosen IKIP PGRI Pontianak yang ditujukan untuk guru SMPN 11 Sungai Ambawang. Adapaun langkah-langkah kegiatan PKMS ini mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengabdian ini dilaksanakan sejak bulan Maret tahun 2020. Selama kurang lebih 6 bulan, dalam pelaksanaan pengabdian capaian yang sudah dihasilkan adalah tersusunnya peningkatan pemahaman guru mengenai Subject Spesific Pedagogy (SSP) bermuatan karakter dan berbasis student centered, draft Subject Spesific Pedagogy (SSP) bermuatan karakter dan berbasis student centered peserta (guru), dan narasi kegiatan yang sudah terbit di tribun Pontianak, draf artikel yang akan dipublikasikan ke Prosiding Seminar Nasional ber-ISBN, serta video kegiatan.

References

Anderiani, Dewi dan Wilujeng, Insah. 2015. Pengembangan Subject Spesific Pedagogy Tematik Untuk Menanamkan Kedisiplinan Dan Kepedulian Siswa Sd Kelas II. Jurnal Prima Edukasia. Vol 3. No. 1. PP35

Dewantara, K. H. (2011). Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Handayani, Setiti dan Wilujang, Insih. (2017). Pengembangan Subject Specific Pedagogy Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Volume 1. PP 26

Kamil, M. I. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Oktaviana, D. & Prihatin, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Buku Fabel Berkarakter Untuk Siswa SMP. Jurnal SAP, 3(3), 182-189.

Prasetya, D. J. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Di SMKN Nusawungu. E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta, 6(4), 312-318.

Sa’bani, F. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1).

Yuniawan, Hanung Bramantyo dan Marzuki. 2020. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Makna Lukisan Petruk Dadi Ratu, Semare Kaling-Kalingan Mega Karya Subandi Giyanto. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun X. Nomor 1. PP 53.

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Oktaviana, D., Susiaty, U. D., & Wiranty, W. (2021). PENYUSUNAN SUBJECT SPESIFIC PEDAGOGY BERMUATAN KARAKTER DAN STUDENT CENTERED. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 723–732. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/8311