BERCERITA: UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN BERBAHASA ANAK USIA DINI
Keywords:
Bercerita, kecerdasan, bahasa, PKM, PAUDAbstract
Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan linguistik/berbahasa anak usia dini melalui metode bercerita tentang apa yang dilihat atau diamati serta didengar dari lingkungan sekitar. Kegiatan ini melibatkan 20 siswa dan guru di Taman Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Annur yang bertempat di desa cogreg, kecamatan Parung, kabupaten Bogor. Proses kegiatan PKM ini didukung dengan menggunakan video pembelajaran yang menampilkan kegiatan-kegiatan terkait pengimplementasian metode bercerita dengan tema mengidentifikasi ciri-ciri atau karakteristik benda dan/atau seseorang yang dijumpai di lingkungan sekitar. Hasil pengaplikasian video tersebut pada proses pembelajaran menunjukkan bahwa terdapat hasil yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam berbahasa ataupun berkomunikasi, diantaranya menumbuhkan rasa nyaman dan menyenangkan ketika bercerita tentang apa yang siswa lihat dan dengar, meningkatkan kosakata siswa sehingga bisa menambah wawasan dan melancarkan kemampuan berbicara, serta menumbuhkan rasa percaya diri ketika bercerita terkait pengamatan yang dijumpai sehari-hari dan/atau gambar yang guru berikan.
References
Astuti, A., Suci, E., and Warastuti, W. (2014). Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Daya Konsentrasi Belajar Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan. 20(2), 233-237.
Ernawulan, S. (2005). Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Halimah, L. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.
Hidayat, N. S. (2015). Hubungan berbahasa, berpikir, dan berbudaya. Sosial Budaya, 11(2), 190-205.
Irna, I. (2020). Implementasi Kecerdasan Jamak (Multiple Intelegences) pada Model Pembelajaran BCCT atau Sentra pada Pendidikan Anak Usia Dini. Fascho: Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 9(2), 52- 59.
Meliala, A. (2004). Anak Ajaib, Temukan dan Kembangkan Keajaiban Anak Anda Melalui Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Maryanti, S., Kurniah, N., and Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 22-31
Suharman, S. A., Palloan, P., and Sujiono, E. H. (2011). Penerapan Pendekatan Pakem (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X2 Sma Negeri 1 Pangkajene. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 7(2).
Sutanti, S. (2016). Gambaran Pengelolaan Kelas oleh Guru Paud Se-kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Educhild: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 5(2), 141-145.
Sears, W., & Sears, M. (2001). The attachment parenting book: A commonsense guide to understanding and nurturing your baby. Little, Brown Spark.