VBA MICROSOFT EXCEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS ICT UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Sukma Murni PGSD, IKIP Siliwangi
  • Yanuarti Apsari Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP Siliwangi

Keywords:

VBA Microsoft Excel, Pembelajaran Inovatif, ICT

Abstract

Matematika dan Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang terbilang sulit bukan hanya untuk siswa Sekolah Dasar, tetapi juga untuk Sekolah Menengah bahkan Perguruan Tinggi. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif dalam pelajaran matematika dan Bahasa inggris dapat memberikan pengaruh yang positif baik bagi siswa maupun gurunya. Oleh karena itu, salah satu solusi bagi guru untuk menciptakan media pembelajaran yang inovatif adalah dengan menggunakan VBA Microsoft Excel. Pembelajaran dengan menggunakan VBA Microsoft Excel ini membantu guru dalam berinovasi menciptakan suasana pembelajaran yang lebih baik dan tercapainya tujuan pembelajaran matematika serta Bahasa inggris secara optimal. Namun, salah satu permasalahan yang sudah pasti banyak dihadapi oleh para guru di Indonesia adalah kemampuannya dalam bidang teknologi. Karena rendahnya kemampuan guru di bidang teknologi membuat guru sulit menciptakan media pembelajaran yang inovatif berbasis ICT. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi guru-guru SDIT Uswatun Hasanah mengenai VBA Microsoft Excel sebagai Media Pembelajaran Inovatif Matematika dan Bahasa Inggris. Ada empat tahapan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, yaitu: 1) Tahapan analisis, b) tahapan perancangan , c) tahapan pengembangan dan d) tahapan pelaksanaan. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah semua guru peserta mampu membuat media pembelajaran inovatif untuk Matematika dan Bahasa Inggris dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, serta memiliki keterampilan dalam menggunakan media tersebut. Setiap guru disediakan modul petunjuk sebagai pedoman untuk membuat dan menggunakan media pembelajaran inovatif tersebut.

References

Basuki, A, 2006, Algoritma Pemrograman 2 Menggunakan Visual basic 6.0. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M, 2018, Contextual approach using VBA learning media to improve students’ mathematical displacement and disposition ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012025). IOP Publishing.

Hidayati, 2016, Integrating ICT in English language teaching and learning in Indonesia. JEELS, 3(1), 38–62.

Kemdikbud RI. (2016). Neraca Pendidikan Daerah 2016. Jakarta. Retrieved from http://npd.data.kemdikbud.go.id/index.php/.

Lestari, E. S., Sabri, L. M., & Yuwono, B. D, 2014, Pembuatan Program Perataan Parameter Jaring Poligon Dengan Menggunakan Visual Basic For Application (VBA) Microsoft Excel. Jurnal Geodesi Undip Vol 3; nomor 1, 332-346.

Listiawan, T., Purwanto, P., As’Ari, A. R., & Muksar, M, 2018, Mathematics Teachers Technological Content Knowledge (TCK) in using Dynamic Geometry Software. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012121.

Padurean & Margan, 2009), Foreign language teaching Via ICT. Revista de Informatica Sociala, 7(12), 97-101.

Rahimi & Yadollahi, 2011, ICT use in EFL classes: A focus on EFL teachers’characteristics. World Journal of English Language, 1(2), 17–29.

Rahman.R. J., Setiawan, W. & Fitrajaya, R. E. 2008. Optimalisasi Macromedia Flash untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Program Studi Ilmu Komputer FPMIPA UPI. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan komunikasi 1(2) 1979-9264.

Wati, S., Fitriana, L., & Mardiyana, M, 2018, Technological pedagogical content knowledge of junior high school mathematics teachers in teaching linear equation. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012067.

Widodo, 2013, Menyingsong Pelaksanaan Kurikulum 2013 Bidang Matematika dan Pendidikan matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Bandung: STKIP Siliwangi Bandung.

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Murni, S., & Apsari, Y. (2021). VBA MICROSOFT EXCEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS ICT UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN BAHASA INGGRIS. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1093–1102. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/8399