DETERMINAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI POSYANDU ASRI 2
Keywords:
Pemberian ASI eksklusif, Perkembangan kepribadian sosialAbstract
Pendahuluan: Anak prasekolah adalah anak dengan rentan usia 3 sampai 5 tahun, dimana biasa disebut masa kanak-kanak. Perkembangan kepribadian sosial merupakan hal yang harus perhatikan pada anak usia prasekolah. Data kementerian kesehatan tercatat, angka inisiasi menyusui dini di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun 2016 sebanyak 51,% menjadi 57,8% ditahun 2017 dengan target 90%. Tujuan: mengetahui pengaruh pemberian ASI eksklusif terhadap perkembangan kepribadian sosial pada anak usia prasekolah. Metode: Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode survey Research Methode. dengan Desain secara studi retrospektif . Jumlah Sampel sebanyak 96 responden dengan error 5%, pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner, dengan analisa data menggunakan univariate dan bivariat. Hasil penelitian: Didapatkan hasil anak usia prasekolah yang mengalami perkembangan kepribadian sosial baik sebanyak 63 responden (65,6%) dan kategori kurang baik sebanyak 33 responden (34,4%). Terdapat 2 (dua) variabel yang menunjukkan pengaruh terhadap perkembangan kepribadian sosial, yaitu pemberian ASI eksklusif (α=0,00) dan status gizi pada anak (α=0,00) dan 3 (tiga) variabel yang menunjukkan tidak ada pengaruh terhadap perkembangan kepribadian sosial pada anak usia prasekolah yaitu pendidikan orangtua (pendidikan ibu α=0,60, pendidikan ayah α=0,088), tingkat ekonomi (α=0,057), dan jenis kelamin anak (α=0,139). Kesimpulan: Adanya pengaruh ,pemberian ASI Eksklusif dan Status gizi anak ,pada perkembangan kepribadian social anak usia prasekolah. Saran: Diharapkan kepada masyarakat khususnya para ibu untuk giat dalam memberikan ASI secara Eksklusif kepada anaknya . Karena ASI dan status gizi yang baik akan mempengaruhi tumbuh kembang anak ketika dewasa.
References
Afrianti, indri, dzulhijjah nur RN. 2019. Grak Limo: Grak Lima Mea, ASI Eksklusif, MPASI, dan Rolling Massage. Kuala Lumpur: Syiah Kuala University Press. Diakses tanggal 16 Maret 2020 pukul 08.12 WIB. Melalui website: https://books.google.co.id/books?id=xePQDwAAQBAJ&pg=PA16&dq
Aini, Nurul. Chundrayetti, Eva. Susanti, Rika. Hubungan Riwayat Pola Perkembangan Anak Kota Padang. Padang: Jurnal Kesehatan Andalas.
Aziz, Jufri. 2015. Implementasi Aparatur Sipil Negara: Dalam Pembinaan Karir Fungsional. Jakarta: Adiprima Pustaka. Diakses tanggal 9 Mei 2020 pukul 05.00 WIB. Melalui website:
https://books.google.co.id/books?id=CQBsDQAAQBAJ&pg=PT35&dq
Dewi, Feti Kumala. 2016. Efektifitas Pemberian Asi Ekslusif Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Di Posyandu Mawar Kecamatan Mersi Tahun 2015. Purwokerto: Jurnal Ilmu Kebidanan (Vol.7 No. 1, halaman 1-13).
Febrianti, Yosy. 2018. Hubungan Pemberian Asi Ekslusif dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia 3-5 Tahun di Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Tahun 2017. Yogyakarta: POLTEKKES Yogyakarta.
Festy, Pipit W. 2018. Buku Ajar Gizi dan Diet. Surabaya: UM Surabaya Publishing. Diakse tanggal 8 Mei 2020 pukul 07.30 WIB. Melalui website: https://books.google.co.id/books?id=--qvDwAAQBAJ&dq
Hanief, Y.N. A, Himawanto. Denis. 2017. Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Deepublis. Diakses tanggal 8 Mei 2020 pukul 06.00 WIB. Melalui website: https://books.google.co.id/books?id=jfZRDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq
Indasah. 2020. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Yogyakarta: Deepublis. Diakses tanggal 8 Mei 2020 pukul 05.30 WIB. Melalui website: https://books.google.co.id/books?id=9OXWDwAAQBAJ&pg=PA19&dq
Indrijati, Herdina. 2017. Psikologi perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media. Diakses tanggal 16 Maret 2020 pukul 09.30 WIB. Melalui website: https://books.google.co.id/books?id=AuG2DwAAQBAJ&dq
KBBI, 2020. Diakses tanggal 16 Maret 2020 pukul 10.00 WIB melalui website: