PENGARUH LAYANAN AKADEMIK DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI UNIVERSITAS PAMULANG

Authors

  • Prima Sadewa Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Keywords:

layanan akademik, lingkungan, kepuasan mahasiswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa, (2) Untuk meng etahui pengaruh lingkungan kampus terhadap kepuasan mahasiswa, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh layanan akademik dan lingkungan kampus secara bersama-sama terhadap kepuasan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Lebih lanjut, penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data berupa angket. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi dan uji hipotesis. Hasil dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa, (2) terdapat pengaruh layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa, (3) terdapat pengaruh layanan akademik dan lingkungan kampus secara simultan terhadap kepuasan mahasiswa.

References

Alma, Buchari. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2014. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mahmud, Marzuki. (2012). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi, Jakarta : Rajawali Pers.

Mangkunegara, A. P. (2010). Perilaku dan budaya organisasi. Bandung: Rafika Aditama.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 49 Tahun 2014 tentang tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Purwanto, N. (2014). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sopiatin, Popi. (2010). Manajemen Belajar Berbabis Kepuasan Siswa. Bogor : Ghalia Indonesia

Sudjana, Nana. 2014. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Supranto. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Pangsa Pasar Cet 4. Jakarta : Rineka Cipta.

Tuerah, F.F.R, L.Maneke, H.N.Tawas. (2015). Analisis Kualitas Layanan Akademik Dan Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal EMBA, 3(4) : 422-432

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Sadewa, P. (2021). PENGARUH LAYANAN AKADEMIK DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI UNIVERSITAS PAMULANG. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1131–1140. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/8403