PEMBANGUNAN KARAKTER DAN PELATIHAN STORYTELLING BERBASIS CERITA RAKYAT KEPADA KELOMPOK BELAJAR AL MUHAJIRIN AT TAQWA PAMULANG

Authors

  • Puri Bakthawar Fakultas Sastra, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Sari Fitria Fakultas Sastra, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Setiana Sri Wahyuni Sitepu Fakultas Sastra, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Laksmy Ady Kusumoriny Fakultas Sastra, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • I Aeni Muharromah Fakultas Sastra, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Keywords:

Storytelling, Folklore, Sastra, Intertekstualitas

Abstract

Dalam konteks kemajuan sebuah bangsa, secara ideal, pembangunan fisik dan pembangunan karakter manusia seyogianya berjalan dengan beriringan. Pembangunan fisik dan infrastruktur secara masif niscaya akan mendorong tumbuhnya perekonomian secara cepat, yang berimplikasi pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat Indonesia. Melihat realitas, pada situasi dewasa ini muncul banyak permasalahan sosial yang pada dasarnya berpangkal pada merosotnya pembangunan karakter bangsa. Oleh karena itu, diperlukan adanya gerakan untuk mengantisipasi hal tersebut. Gerakan untuk membangun karakter masyarakat dan manusia pada dasarnya dapat berangkat dari berbagai macam cara. Universitas, dalam hal ini khususnya Fakultas Sastra, memiliki tanggung jawab moral dan akademik dalam menghadapi situasi tersebut. Sebagai solusi dari paparan permasalahan di atas, maka tim PKM Prodi Sastra Inggris Universitas Pamulang berinisiatif untuk mengadakan kegiatan PKM bertajuk “Pembangunan Karakter dan Pelatihan Storytelling Berbasis Cerita Rakyat/Folklore kepada Kelompok Belajar Al Muhajirin At Taqwa Benda Baru Pamulangâ€. Secara umum, kegiatan PKM ini memiliki 3 tujuan sekaligus yakni terkait dengan pembangunan karakter bagi mitra PKM, eksplorasi kajian sastra-sastra daerah/tradisional, dan meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris bagi mitra PKM.

References

Indriyanto, Bambang. 2012. "Dimensi Pembangunan Karakter dan Strategi Pendidikan", dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan: Maret 2012.

Khaerana, A. dan Nurhidayah, N. (2018). "The Effectiveness of Story Telling and Story Reading Methods in Teaching Speaking" dalam Eternal (English, Teaching, Learning, and Research Journal) Vol. 4, No. 2.

Mariah. (2007). Improving Students' Speaking Ability through Story Telling. Tesis di Universitas Negeri Makassar.

Pellowski, A.. (1990). The World of Storytelling. New York: H.W. Wilson Co.

Pepinsky, Tom. 2019. "Pembelahan Agama dan Etnis dalam Pilpres 2019" dalam Tirto, <https://tirto.id/pembelahan-agama-dan-etnis-dalam-pilpres-2019-eamN> diakses pada 15 April 2020.

Subiyantoro. 2012. "Membangun Karakter Bangsa Melalui Cerita Rakyat Nusantara" dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol IX No 1, Juni 2012.

Suwondo, T. (2017). "Sastra dan Pendidikan" dalam Candra: Majalah Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY,Edisi 3 Th. XLVII 2017. ISSN 2302-3481. Hal. 7-8.

Ulpa, M. (2010). “Nilai-nilai Edukatif dalam Novel Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi (Tinjauan Psikologi Sastra)â€, Skripsi di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wellek, R., dan Austin, W. (1956). Theory of Literature. New York: Harcourt, Brace & World.

Wirapraja, Nana R.D. 2015. Wawasan Kebangsaan. Jakarta: LAN RI.

Wright, A. (2003). Storytelling with Children. Oxford: Oxford University Press.

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Bakthawar, P., Fitria, S., Sitepu, S. S. W., Kusumoriny, L. A., & Muharromah, I. A. (2021). PEMBANGUNAN KARAKTER DAN PELATIHAN STORYTELLING BERBASIS CERITA RAKYAT KEPADA KELOMPOK BELAJAR AL MUHAJIRIN AT TAQWA PAMULANG. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1309–1318. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/8421